SEPUTAR CHINA


Serangan Terhadap “Musuh” Olimpiade

Posted in OLIMPIADE oleh Seputar China pada Maret 10, 2008

Oleh: Fadjar Pratikto/Era Baru

Jelang Olimpiade Beijing, penguasa China kembali menyerang kelompok muslim di Xinjiang Barat yang dituduh separatis dan teroris. Dua orang tewas dalam insiden penyerangan ini.

Sebuah serangan militer kembali dilancarkan terhadap kelompok di kawasan China baratlaut yang berpenduduk mayoritas Muslim. Demikian laporan Antara mengutip pernyataan seorang pejabat penting China, awal Maret ini, yang diberitakan media pemerintah.

Disebutkan, kelompok tersebut berencana melancarkan serangan terhadap pertandingan dalam Olimpiade mendatang, kata Wang Lequan, yang memimpin Partai Komunis untuk wilayah Xinjiang di sela sidang parlemen nasional. “Para separatis, penyabot itu akan ditindak tegas, tidak peduli dari etnik manapun mereka berasal,” katanya seperti dikutip Xinhua.

Selain menewaskan dua orang, sebanyak 15 orang ditahan dalam serangan 27 Januari di Urumqi, ibukota wilayah Xinjiang yang luas yang berbatasan dengan beberapa republik Asia Tengah. Lima perwira polisi cedera dalam serangan itu dimana tiga granat rakitan dilemparkan ke mereka.

Secara terpisah, seorang pejabat senior Xinjiang mengaku pihaknya telah melumpuhkan rencana “serangan teroris” terhadap sebuah pesawat yang terbang dari Urumqi ke Beijing. Pesawat China Southern Airlines terpaksa mendarat di Lanzhou, ibukota provinsi Gansu.”Beberapa orang berusaha membuat satu bencana udara ,” kata Nur Bekri, kepala pemerintah wilayah Xinjiang.

Muslim Ditekan
Insiden penyerangan terhadap kelompok muslim sudah berulang kali terjadi di wilayah Xinjiang yang berpenduduk 20 juta jiwa. Daerah ini sebagian besar dihuni etnik Uighur dan minoritas-minoritas Muslim lainnya, yang secara tradisional menuntut otonomi lebih luas. Delapan juta Muslim Uighurs yang tinggal di Xinjiang itu berasal dari etnik Turks.

Perkembangan Islam yang meluas di wilayah Xinjiang Barat telah membuat Partai Komunis China ketakutan. Dengan alasan kelompok muslim melakukan gerakan separatisme dan terorisme, mereka ditekan. Sejumlah tokoh muslim ditangkap, dipenjara dan dibunuh. Menjelang Olimpiade Beijing 2008 ini, tekanan terhadap mereka semakin kuat.

Pada awal tahun 2008 ini, polisi China mengumumkan telah menewaskan 18 orang dalam serangan terhadap mereka yang disebutnya “menumpas” aktifitas separatis Muslim di sebuah kampUighur Xinjiang. Pengumuman itu muncul ketika pejabat China mengecam calon penerima hadiah Nobel Perdamaian, Rebiya Kadeer, seorang tokoh muslim Uighur yang dipenjara tahun 2000 karena dituduh “membocorkan rahasia negara”.

Ba Yan dari Departemen Keamanan Publik Xinjian mengatakan kamp pelatihan itu terletak di dataran tinggi Pamirs, di dekat perbatasan Afghan dan Pakistan. Bas mengatakan kamp- kamp itu dijalankan oleh gerakan Islam Turkestan Timur. Tuduhan yang sama sebagaimana sering dilakukan AS. “Polisi menahan 17 teoris dan mengejar sejumlah lainnya,” kata kantor berita Xinhua mengutip Ba. Polisi juga mengaku telah menyita 22 granat tangan dan lebih dari 1500 lain yang masih dalam proses pembuatan.

Beijing menuduh sejumlah kelompok terkait dengan Al-Qaeda, namun kelompok kelompok hak asasi mengatakan pemerintah China menggunakan perang melawan terorisme sebagai cara menumpas gerakan demokrasi dan menekan kebebasan beragama.

Tahun lalu, laporan Human Rights Watch dan Human Rights in China menyebutkan penguasa China telah menumpas kaum muslim Uyghurs. Penindasan itu dilakukan dengan cara memanggil imam dan menutup mesjid sampai pada hukuman mati ribuan orang setiap tahun. Disebutkan hampir setengah tahanan di kamp pendidikan ulang, dianggap sebagai pelaku kegiatan keagamaan secara gelap. Lima umat Muslim Uighur pada akhir 2007 lalu juga telah dijatuhi hukuman mati karena dituduh “melakukan kegiatan separatis”.
(dari berbagai sumber)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: