SEPUTAR CHINA


Forum di Taipei Mendesak Dunia Memboikot Olimpiade Beijing

Posted in OLIMPIADE,Uncategorized oleh Seputar China pada Februari 27, 2008

Pembicara utama adalah David Kilgour, mantan Sekretaris Negara Kanada Urusan Asia Pasifik, dan senator Australia Andrew Bartlett membuka “Forum Internasional: HAM di China dan Olimpiade 2008” di Hotel Grand Hyatt, Taipei pada tanggal 21 Februari 2008. Lebih dari 100 tokoh politisi dan aktivis HAM dari 12 negara berkumpul untuk berunding, bagaimana memotivasi kekuatan global untuk memboikot Olimpiade Beijing.
Acara pembukaan dimulai dengan surat ucapan selamat dari Presiden Taiwan, Chen Shuibian. Presentasi diberikan oleh para narasumber yang meliputi: Shieh Jhy-wey, Menteri Kantor Informasi Pemerintahan dan Tung Chen-yuan, wakil ketua Dewan Urusan Daratan Tiongkok. Disamping itu, terdapat Edward McMillan-Scott, wakil presiden Parlemen Eropa, dan Dana Rohrabacher, anggota Kongres AS, mengirim video pidato mereka yang menyerukan kepada dunia agar menaruh perhatian terhadap catatan HAM di China.
William Lai, ketua CIPFG (Koalisi Penyelidikan Penganiayaan terhadap Falun Gong di China) cabang Asia, menyatakan bahwa banyak tokoh penting di dunia sedang menentang Olimpiade Beijing, termasuk Pangeran Charles dan sutradara Stephen Spielberg. Menurut Lai, rejim komunis Bejing terus-menerus melanggar HAM rakyat China dan bersikap mengancam keamanan dunia. Shieh Jhy-wey menyebutkan dalam pidatonya bahwa setiap orang harus turut menegakkan HAM. Tung Chen-yuan mengatakan ia memuji keputusan Stephen Spielberg untuk mundur dari penasihat artistik Olimpiade Beijing.
Rekaman pidato McMillan-Scott menekankan bahwa rejim komunis China merupakan pelanggar HAM paling buruk di dunia saat ini, dan Olimpiade seharusnya tidak dijadikan alat propaganda untuk menutupi kesalahannya. Menurutnya, orang-orang seharusnya tidak berdiam diri sementara rejim ini terus melakukan kebiadaban, khususnya penindasan terhadap Falun Gong.
McMillan-Scot menghubungkan Olimpiade Beijing dengan Olimpiade Berlin 1936. Ia mengatakan bawa rejim Beijing berusaha menutupi kejahatan mereka dengan memanfaatkan Olimpiade seperti Hitler menyembunyikan pembunuhan massal Nazi terhadap kaum Yahudi. Ia menegaskan bahwa orang-orang seharusnya tidak lagi acuh tak acuh dan membiarkan sejarah terulang kembali, atau mentolerir manipulasi Beijing atas opini publik dunia
David Kilgour membicarakan tentang kejahatan terhadap kemanusiaan oleh rejim komunis China yang merampas organ ribuan praktisi Falun Gong yang masih hidup. Kilgour juga menyinggung dukungan rejim ini atas pembantaian 400.000 orang Sudan di Darfur. Ia mengatakan penindasan Beijing terhadap Falun Gong dan kelompok religius lainnya berlawanan dengan Piagam Olimpiade seperti yang telah dilakukan oleh rejim Nazi. “Kita harus menekan rejim komunis China untuk menaati Piagam Olimpiade,” demikian katanya.
Senator Australia, Andrew Bartlett mengatakan bahwa dunia seharusnya tidak memisahkan pelanggaran HAM China dengan kekuatan ekonomi negara. Ia menekankan, bahwa sebagai warga dunia, orang-orang perlu menyuarakan bagi para korban pelanggaran HAM sebelum tibanya Olimpiade Beijing.

(The Epoch Times, 25 Februari 2008)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: