SEPUTAR CHINA


“Dunia yang Sama, HAM yang Sama”

Posted in OLIMPIADE oleh Seputar China pada Februari 27, 2008

Forum CIPFG di TaipehDeklarasi CIPFG : Obor HAM melangkah masuk daratan Tiongkok

(Erabaru.or.id) Setelah menggelar Forum Internasional selama 2 hari pada tanggal 21-22 Februari 2008 di Taipei, CIPFG (Koalisi Penyelidikan Penindasan Terhadap Falun Gong) mendeklarasikan pernyataan bersama, yaitu membawa obor ham masuk ke daratan tiongkok.

Dengan tema “Dunia yang sama, HAM yang sama”, mereka mengharapkan kelompok-kelompok yang ditindas oleh pemerintahan partai komunis China, seperti kelompok anti korupsi, kelompok yang mendambakan kebebasan dan kesetaraan hak azazi manusia dll menyambut gerakan tersebut serta menjadikannya sebagai momentum dalam sejarah untuk memperjuangkan hak-hak sipil dan kebebasan berpendapat serta demokrasi bagi bangsa Tiongkok.

Kegiatan yang dipelopori oleh CIPFG tersebut bertujuan mengungkap berbagai pelanggaran HAM yang dilakukan oleh partai komunis China di Tiongkok. Obor HAM dinyalakan pertama kali pada 9 Agustus 2007 lalu di Athena, dan telah berkeliling melintasi 26 negara dan 80 kota di seluruh dunia, yang mendapat dukungan dan dampak yang semakin besar di masyarakat internasional untuk lebih menyoroti betapa buruknya kondisi HAM di Tiongkok, muncul suara-suara yang menuntut Beijing untuk memilih antara hentikan penindasan sekarang juga, atau mereka akan bertindak memboikot olympiade 2008.

Dipastikan Obor HAM akan dibawa masuk dan menyebar ke seluruh pelosok daratan Tiongkok terhitung sejak Maret 2008, itu merupakan dukungan nyata dari masyarakat dunia luar kepada rakyat Tiongkok untuk bangkit dan mengungkap kondisi HAM yang buruk di negaranya.

Adapun tujuan terfokus pada daerah yang penduduknya diperlakukan sangat buruk oleh pemerintah PKC(Partai Komunis China), tempat- tempat penting saksi sejarah akan penindasan PKC, kota-kota penting yang berhubungan dengan sejarah PKC, maupun yang maju pesat dalam perkembangan sejarah bangsa Tionghoa, daerah pariwisata, kota yang berhubungan dengan kegiatan Olympiade, dan kota Beijing tempat olympiade akan dilangsungkan.

Dipertimbangkan dari segi keselamatan dan kelancarannya, estafet penyampaian Obor HAM akan dilakukan dengan sangat hati-hati dan bervariasi, misalnya brosur, email, sms, pesan singkat melalui skype, kaos T Shirt, bahkan juga tulisan di lembaran uang, pada bangunan-bangunan tentang seruan “Dunia yang sama, HAM yang sama”, juga pita kuning sebagai simbol pergerakan.

CIPFG menyatakan, pembahasan rancangan Obor HAM Estafet Global sedang dilakukan dan akan diumumkan dalam waktu dekat, mereka menyatakan dengan senang hati jika rakyat Tiongkok mau merancangnya untuk digunakannya sendiri di sana.

Sumber berita : http://www.dajiyuan.com
http://tw.epochtimes.com/bt/8/2/22/n2020014.htm
http://www.erabaru.or.id/k_01_art_834.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: