SEPUTAR CHINA


Pangeran Charles dan Politisi Belanda Galang Aksi Boikot

Posted in OLIMPIADE oleh Seputar China pada Februari 25, 2008

OLIMPIADE BEIJING 2008
posted by kontan on 02/21/08

AMSTERDAM. Rasanya ganjil kalau upacara pembukaan tanpa peserta. Tapi itu bisa saja terjadi di Olimpiade Beijing 2008 yang berlangsung Agustus mendatang. Sekarang makin santer terdengar seruan pemboikot an hajatan olah raga itu dengan dalih perlakukan hak asasi manusia (HAM) di China buruk.

Pangeran Charles, pewaris tahta kerajaan Inggris bahkan sudah menyatakan sikapnya agar Inggris tak perlu ikut Olimpiade di China. Ia menyebut sikap itu sebagai dukungan pada pemimpin Tibet, Dalai Lama, yang kini mengasingkan diri keluar dari China.

Anjuran boikot juga datang dari anggota parlemen Belanda, Joel Voordewind, yang berasal dari partai Uni Kristen. Ia mendesak agar pemerintahan negara-negara di dunia menekan China dengan cara memboikot dan melarang swasta ikut serta menjadi sponsor.

Voordewind menganjurkan agar para peserta tak perlu ikut dalam acara pembukaan Olimpiade Beijing. “Mereka bisa tetap ikut, menghadiri upacara pembukaan hanya membuat China merasa menang dan besar kepala,” katanya Selasa (20/2).

Tak hanya omong di media, Voordewind juga menggalang dukungan lewat forum-forum diskusi soal HAM langsung di Beijing sebelum pertandingan digelar. “Kalau pemerintah China melarang, artinya memang mereka pelanggar HAM,” ujarnya diplomatis.

Sayang pemerintah Belanda tak menyambut ajakan itu. Perdana Menteri Belanda, Maxime Verhagen, mengatakan, selama ini mereka selalu berdiskusi soal HAM dengan pemerintah China. Ia tegas-tegas tak mendukung rencana boikot.

Tapi Voordewind tak patah arang, masih cukup waktu untuk menggalang massa sebelum Agustus. “Amerika saja perlu waktu hingga bisa memboikot Olimpiade Moskow saat Soviet menyerang Afganistan,” ujar Voordewind, optimis.

Muhamad Fasabeni, AP

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: