SEPUTAR CHINA


Langkah Bijak Spielberg, Mundur Sebagai Penasehat Olimpiade

Posted in OLIMPIADE oleh Seputar China pada Februari 19, 2008

Pengunduran diri Steven Spielberg sebagai penasehat artistik pada Olimpiade Beijing, merupakan pukulan telak bagi penguasa China. Rejim komunis itupun berusaha memperbaiki citranya di Darfur.

Dukungan penguasa China terhadap pemerintah Sudan yang bertanggungjawab atas genosida di Darfur, ternyata menjadi kontra produktif dalam pelaksanaan Olimpiade di Beijing. Masalah itulah yang membuat sutradara ternama Hollywood Steven Spielberg secara resmi telah mengundurkan diri sebagai penasehat artistic Olimpiade pada 12 Februari 2008 lalu

Spielberg mengatakan hati nuraninya melarang dia melanjutkan perannya di Olimpiade Beijing. Dalam pernyataannya, dia menuduh penguasa China tidak cukup berbuat untuk menekan Sudan agar menghentikan “penderitaan kemanusiaan yang terus berlanjut” di Darfur bagian barat yang sedang bergolak. Setidaknya 200,000 orang terbunuh dan lebih dari dua juta orang terpaksa mengungsi dalam konflik yang telah berlangsung lima tahun.

Keputusan Spielberg tersebut merupakan pukulan berat bagi penguasa China yang sedang mempersiapkan pesta olah raga dunia itu. Kementerian luar negeri China menuduh ada maksud tertentu di balik kecaman terhadap kebijakan negara itu di Sudan.”Dapat dimengerti jika beberapa orang tidak memahami kebijakan pemerintah China di Darfur, tetapi saya khawatir sebagian orang mungkin memiliki motif sampingan dan ini tidak bisa kami terima,” tandas juru bicara kementerian luar negeri Cina Liu Jianchao, seperti dikutip BBC.

Lebih lanjut, Jianchao mengatakan bahwa China mengkhawatirkan keadaan kemanusiaan di Darfur. “[Tetapi] kata-kata kosong tidak akan membantu. Kami berharap orang-orang yang bersangkutan akan lebih pragmatis,” jelasnya. Beijing juga mengatakan pemerintah sudah menunjuk utusan khusus untuk Darfur dan mengirim pasukan penjaga perdamaian ke kawasan itu. Namun banyak orang, termasuk Steven Spielberg, mengatakan ini tidak cukup.

Selama ini, China memiliki hubungan ekonomi dan militer yang erat dengan Sudan. Sudan menjual sekitar dua per tiga minyaknya ke China, sementara Beijing menjual senjata ke pemerintah Sudan dan memblokir upaya Dewan Keamanan PBB untuk menekan Khartoum, ibukota Sudan. Ada dugaan kuat pasokan senjata dari China itu digunakan di Darfur, dimana milisi pro-pemerintah melakukan kekejaman secara luas. Sudan membantah pihaknya membantu milisi Janjaweed dan mengatakan keadaan di Darfur terlalu dibesar-besarkan.

Namun Spielberg yakin atas laporan para aktivis HAM bahwa telah terjadi genosida di Darfur. Karena itu, baginya membantu Darfur lebih penting dari pada peranannya di Olimpiade. “Pada saat ini, waktu dan tenaga saya tidak seharusnya digunakan untuk perayaan Olimpiade melainkan berbuat sekuat tenaga untuk membantu penghentian kejahatan terhadap kemanusiaan yang terus berlangsungi di Darfur.” Menindaklanjuti sikapnya, Spielberg telah mengirimkan surat kepada Presiden Hu Jintao, guna mendesak China agar menggunakan momentum Olimpiade di Beijing untuk membantu pemulihan situasi di Darfur.

Di Sudan, pemberontak di Darfur gembira dengan keputusan Spielberg dan berharap atlet-atlet mau mengikuti jejak sutradara tersebut. ”Mundurnya Spielberg besar artinya bagi perjuangan kami. Kami menyerukan untuk memboikot olimpiade,” kata Ahmed Abdel Shafie, pimpinan Tentara Pembebasan Sudan.

Sebuah surat kabar di Inggris juga menerbitkan surat dari 80 pemenang Nobel, atlet internasional, politisi dan artis yang mendesak Beijing agar membantu mengakhiri konflik. Sebelumnya Bintang Hollywood Mia Farrow dan George Clooney pernah mengecam China atas masalah Darfur. Sebuah Obor HAM yang diprakasai oleh CIPFG juga sedang diarak keliling dunia untuk mendorong perbaikan HAM di China, khususnya untuk menghentikan penganiayaan terhadap Falun Gong.
(Fadjar/ diolah dari BBC/AP/AFP/Reuter)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: