SEPUTAR CHINA


China Hadapi Cuaca Buruk

Posted in Bencana oleh Seputar China pada Januari 30, 2008

Penampungan sementara

Musim dingin parah mengganggu transportasi di Cina sementara puluhan juta orang mudik Tahun Baru.

Paling tidak 170 ribu orang tertahan di stasiun kereta di Guangzhou, propinsi Guangdong, Cina selatan, karena sebagian besar kereta ditunda keberangkatannya.

Ribuan orang terganggu perjalanannya karena jalan jalan yang tertutup, sebagian daerah kehabisan garam untuk ditaburkan pada es.

Lebih 20 orang tewas sejak musim dingin parah terjadi disana.

Salju turun di Cina tengah, timur dan selatan, daerah yang biasanya tidak mengalami musim dingin parah. Salju diperkirakan masih akan turun. Jalan bebas hambatan dan jalur kereta tertutup, terutama di bagian selatan. Sejumlah bandara udara daerah ditutup, sementara beberapa propinsi mengalami kelangkaan listrik.

Tahun lalu dua milyar orang melakukan perjalanan selama musim Tahun Baru, yang dapat dipandang sebagai migrasi terbesar di dunia. Wartawan BBC di Shanghai, Quentin Sommerville melaporkan bis dan kereta sudah penuh penumpang pada musim liburan, meskipun cuaca tidak seburuk sekarang.

‘Bekerjasama’
Penduduk terus berdatangan di stasiun Guangzhou meskipun mati listrik di propinsi Hunan menyebabkan sebagian besar kereta tidak dioperasikan.

Setelah tiga hari menunggu keretanya di kota Chongqing, Cina barat daya, Liu Si mengatakan kepada kantor berita Reuters, kecil kemungkinan dirinya dapat mudik dalam waktu dekat.
Sejumlah daerah mengalami musim dingin terburuk “Saya tinggal di Guangdong selama sepuluh tahun, saya tidak pernah merayakan Tahun Baru disini. Tahun ini mungkin saya terpaksa harus melakukannya. Saya tidak merasa senang.”

Pemerintah Guangzhou mendirikan tempat perlindungan sementara di sekolah sekolah dan bangunan umum lainnya bagi penumpang kendaraan umum yang terjebak disana.

Departemen masalah umum mengatakan cuaca buruk menganggu 67 juta orang dan sudah menimbulkan kerugian sebesar 2,5 milyar dolar.

Sebelumnya, perdana menteri Wen Jiabao mengatakan cuaca buruk membahayakan kehidupan penduduk dan mengganggu pasok makanan segar, minyak dan gas menjelang Tahun Baru. Ia memperingatkan keadaan akan memburuk.

“Segera lakukan mobilisasi dan bekerjasama untuk mengatasi perang melawan bencana,” katanya kepada para pejabat, seperti dilaporkan situs resmi pemerintah.

“Pastikan penduduk dapat menikmati Perayaan Musim Semi.”

Keadaan yang buruk dalam beberapa hari terakhir membuat sejumlah rumah rusak di Cina, mengganggu pasok listrik dan menghancurkan tanaman pangan.

Sejumlah daerah Cina mengalami hujan salju terburuk dalam lebih sepuluh tahun terakhir.

http://www.bbc.co.uk/indonesian/news/story/2008/01/080128_china.shtml

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: