SEPUTAR CHINA


Obor HAM Estafet Global: Suluh Itu Tak Berkobar di China

Posted in Uncategorized oleh Seputar China pada Januari 24, 2008

4 Januari 2008 – 17:50 WIB
Kurniawan Tri Yunanto

VHRmedia.com, Jakarta – Menjelang diselenggarakannya Olimpiade Beijing 2008 dan mengingat masih buruknya penegakan hak asasi manusia di China, masyarakat internasional menggalang dukungan melalui ‘Obor HAM Estafet Global’ mendesak rezim pemerintahan China mengakhiri segala ketidakadilan dan kesewenang-wenangan.

Api Obor HAM tersebut diambil dari sumber api di Athena 9 Agustus 2007, kemudian di bawa berkeliling Eropa, Australia, Indonesia dan beberapa negara Asia yang kemudian berakhir di Hongkong pada 20 Agustus 2008.

Juru bicara Solidaritas Indonesia untuk Rakyat China di Gelora Bung Karno Jakarta, Jumat (4/1) mengatakan, obor HAM menjadi lambang gerakan moral menentang penindasan di Cina menjelang pelaksanaan Olimpiade. Dari Jakarta, obor HAM tersebut akan di bawa menuju Yogyakarta, Surabaya, Bali dan berakhir di Batam. Sebelum sampai Indonesia, obor HAM tersebut telah mengelilingi 100 kota di 5 benua di dunia.

“Obor HAM Estafet Global merupakan kampanye internasional yang menyerukan diakhirnya pelanggaran HAM yang terjadi pada rakyat China,” ujar Fajar Pratikno. “Selama masih ada pelanggaran HAM, China tidak layak menyelenggarakan Olimpiade.”

Koordinator Kontras Usman Hamid yang ikut berpartisipasi dalam acara penyambutan Obor HAM mengakui pentingnya perlindungan HAM di dunia khususnya di Cina. “Acara ini sangat penting, untuk mengingatkan kepada masyarakat bahwa kondisi penegakan HAM di China semakin buruk dan memerlukan dukungan,” katanya.

Selama ini perhatian dunia tertuju pada pertumbuhan ekonomi China yang pesat. Namun, kemajuan ekonomi tersebut tidak diimbangi dengan semangat demokrasi dan pluralisme. Praktek keji operasi pengambilan organ tubuh tahanan dalam keadaan hidup di kamp-kamp konsentrasi untuk memenuhi kebutuhan industri transplantasi organ masih terjadi hingga hari ini. Diskriminasi dan intimidasi disertai tindak kekerasan terhadap penganut kepercayaan Falun Gong merupakan salah satu kejahatan besar yang dilakukan pemerintah China terhadap warga negaranya. (E1)

http://www.vhrmedia.com/vhr-news/berita-detail.php?.g=news&.s=berita&.e=1165

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: