SEPUTAR CHINA


Bao Zunxin, Tokoh Demokrasi China, Meninggal Dunia

Posted in Politik oleh Seputar China pada Oktober 31, 2007

Tokoh pejuang demokrasi China, Bao Zunxin dikabarkan telah meninggal dunia pada 28 Oktober 2007 lalu. Dia pernah dipenjara setelah berperan dalam mengorganisir aksi protes di lapangan Tiananmen, Beijing pada 4 Juli 1989 silam. Menurut rekannya, Chen Ziming, dan sahabat lainnya, Bao, 70 tahun, meninggal di Beijing akibat sakit yang dideritanya.

Pada akhir tahun 1980-an, sebagai seorang periset di Akademi Ilmu Pengetahuan Sosial China, Bao memainkan peranan penting dalam satu gerakan intelektual yang menyerukan perlunya demokrasi diperbesar di China. Gerakan tersebut berpuncak pada aksi-aksi protes demokrasi pada1989 yang ditumpas oleh militer China, yang menyebabkan ratusan bahkan ribuan orang tewas. Tindakan penumpasan itu kemudian disusul dengan aksi-aksi demonstrasi secara damai yang dilakukan para mahasiswa di jantung ibukota China.

Bao ditahan setelah peristiwa Tiananmen dan dijatuhi hukuman penjara lima tahun pada 1991 dengan tuduhan `menghasut propaganda kontra-revolusi`, namun kemudian dibebaskan dengan tebusan setelah menjalani selama 11 bulan. “Setelah dia dibebaskan dari penjara dia terus bekerja untuk kemajuan demokrasi di China dan membantu mengorganisasikan sejumlah kampanye surat terbuka kepada pemerintah,” kata Chen.

Bao juga menerbitkan buku di luar China, termasuk `Demokrasi dan Pencerahan` dan `Sisi dalam gerakan Demokrasi 1989.` Pada Agustus lalu, Bao menjadi salah satu dari 37 intelektual terkemuka yang menandatangani satu surat terbuka yang menyerukan kepada pemerintah agar menghentikan `Penolakan sistematik terhadap Hak Asasi Manusia (HAM)` pada saat Beijing menjadi tuan rumah Olimpiade 2008. Bao juga menyerukan
Kepada Beijing untuk melaksanakan hak asasi dan demokrasi sebelum diadakannya Pesta Olahraga Dunia itu.
(Sumber: AsiaNews)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: