SEPUTAR CHINA


Presiden Bush temui Dalai Lama

Posted in Agama,HAM oleh Seputar China pada Oktober 17, 2007

Dalai Lama

Dalai Lama terima penghargaan tertinggi bagi warga sipil
Presiden Amerika Serikat George Bush mengadakan pertemuan dengan Dalai Lama, pemimpin spiritual Tibet pada 16 Oktober 2007 lalu, meski pemerintah China mengajukan keberatan.

Ini adalah pertemuan ketiga antara Presiden Bush dan Dalai Lama sejak 2001.

Juru bicara pemerintah China mendesak Amerika ‘memperbaiki kesalahan dan membatalkan pertemuan dengan Dalai Lama’.

Pemerintah Amerika mengatakan Presiden Bush memahami kekhawatiran Beijing namun juga meminta Cina untuk menempatkan Dalai Lama sebagai ‘pemimpin keagamaan dan tokoh yang menginginkan perdamaian’.

Pertemuan dengan Dalai Lama berlangsung di kediaman Presiden Bush di Gedung Putih, bukan di kantor resmi, the Oval Office.

Dalai Lama berada di Amerika antara lain untuk menerima Medali Emas Kongres, penghargaan tertinggi untuk warga sipil.

Kemarahan China

China memperingatkan bahwa keputusan Kongres memberi penghargaan kepada Dalai Lama akan sangat merusak hubungan negara itu dengan Amerika. Pimpinan partai komunis Tibet mengatakan semalam bahwa semua yang dilakukan Dalai Lama adalah kepentingan politik, bukan keagamaan.

“Kami benar-benar marah,” tegas Zhang Qingli, sekretaris partai Komunis Tibet.

Dalai Lama hidup di pengasingan di India sejak pemberontakan yang gagal terhadap Cina pada 1959. Dia menggambarkan dirinya sebagai seorang biku Buddha yang sederhana.

Tetapi dia adalah pemimpin spiritual bagi enam juta rakyat Tibet. Dia juga merupakan simbol global bagi perjuangan tanpa kekerasan, yang mendapat dukungan dari banyak selebriti terkenal di seluruh dunia.

Rakyat Tibet percaya bahwa Dalai Lama adalah reinkarnasi ke-14 Dalai Lama pertama dan memiliki hubungan spiritual dengan Buddha.

Hak asasi manusia

Tugas utama Dalai Lama adalah melindungi agama Buddha Tibet, tetapi selama 48 tahun di pengasingan, dia juga memperjuangkan kebebasan Tibet karena dia melihat kelanjutan agamanya terikat dengan masa depan negara.

Dia mengatakan pada sebuah wawancara bahwa jika Tibet merdeka satu hari nanti, dia akan menghentikan peran politiknya dan menjadi guru spiritual.

Pada tahun 1989 dia meraih Nobel Perdamaian dan sejak itu mendapat berbagai penghargaan lainnya dan sekarang Dalai Lama menerima penghargaan tertinggi bagi penduduk sipil dari Kongres Amerika, karena jerih payahnya dalam memperjuangkan hak asasi manusia.

Sebagian kalangan memperkirakan ini adalah cara Presiden Bush mendesak China untuk memperbaiki catatan hak asasi manusianya, karena Washington sadar bahwa kecil kemungkinan Beijing akan marah besar, karena Cina ingin Presiden Bush menghadiri Olimpiade tahun depan di Beijing.
http://www.bbc.co.uk/indonesian/news/story/2007/10/071016_dalailamaus.shtml

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: