SEPUTAR CHINA


Obor HAM Estafet Global Mencapai Jantung Uni Eropa

Posted in OLIMPIADE oleh Seputar China pada Oktober 2, 2007

Epoch Times Belgium Staff Oct 01, 2007

Brussel, Belgia – Setelah turun hujan di pagi hari, langit cerah menyambut upacara kedatangan Obor HAM Estafet Global di Schumann Place di Brussel, Belgia. Hampir anggota semua partai di Parlemen Belgia mendukung acara ini.

Obor HAM memulai perjalanannya ke lima benua pada tanggal 9 Agustus 2007 di Athena, Yunani dan tiba di Brussel, ibukota administrasi Uni Eropa pada tanggal 28 September 2007. Brussel merupakan tempat pemberhentian Obor yang keduabelas. Obor HAM membawa pesan bahwa pelanggaran HAM tidak boleh terus berlangsung di China apabila rejim China hendak melanjutkan untuk menyelenggarakan pertandingan Olimpiade.

Obor HAM diprakarsai oleh Koalisi Penyelidikan Penganiayaan terhadap Falun Gong (CIPFG). Banyak orang berpikir bahwa penindasan terhadap Falun Gong mempengaruhi seratus juta praktisi-nya, apalagi melibatkan penyiksaan, pembunuhan, dan perampasan organ, merupakan pelanggaran HAM terburuk yang sedang terjadi di China. Untuk itu, CIPFG memulai Obor HAM ini memberi tahu kepada dunia tentang penindasan terhadap Falun Gong, Kristen, Islam, demokrasi, serta pengekangan terhadap kebebasan beragama, berkumpul dan menyatakan ekspresi.

Petitjean, perwakilan CIPFG setempat mengatakan: “Olimpiade 2008 akan dilangsungkan kurang dari 12 bulan, sementara menurut laporan Amnesti Internasional, Human Rights Watch dan NGO-NGO lainnya, rejim komunis China telah mengambil langkah untuk membungkam siapa saja yang berani mengungkapkan penindasan dibawah kekuasaan mereka.”

Menurutnya, Obor HAM Estafet Global bertujuan mendesak komunitas internasional untuk menolak pertandingan Olimpiade di Beijing, karena penyelenggaraan pesta olah raga itu akan menjadi parodi bagi semangat Olimpiade dan langsung melanggar Piagam Olimpiade.

Salah satu duta Obor HAM Belgia, Senator Vankrunkelsven, dimana dia sendiri melakukan penyelidikan terhadap transplantasi organ ilegal di China pada tahun 2006, dalam pidatonya menekankan pelanggaran HAM yang sedang terjadi di China. “Rejim China akan memanfaatkan Olimpiade untuk citra mereka, namun kita tidak boleh kehilangan kesempatan ini untuk mengekspos situasi sebenarnya di China,” demikian kata Vankrunkelsven.

Penindasan yang sedang terjadi China digambarkan dengan buruk dalam surat terbuka pengacara HAM terkenal Gao Zhisheng di China kepada Kongres Amerika Serikat. Gao Zhisheng ditangkap kembali minggu ini. Oleh karena itu, para peserta Obor HAM di Belgia mengenakan pita kuning untuk menunjukkan dukungan mereka kepada pengacara Gao. “Kami sangat menghargai dan mengagumi keteguhan dan keberanian Gao dengan mengeluarkan surat terbukanya pada waktu ketika ia berada dibawah pengawasan ekstrim ketat dan menjadi sasaran kekerasan oleh rejim komunis China,” menurut salah satu pembicara.

Daftar pernyataan dukungan dari para politikus dan budayawan dibacakan pada saat upacara. “Saya berada di sini untuk mengumumkan bahwa saya akan mendukung Obor HAM Estafet Global CIPFG. Kita akan bergabung dengan semua orang yang membela keadilan, dan bersama-sama kita akan menyalakan obor dan membuat cahaya keadilan menyelimuti setiap sudut dunia kita,” demikian yang ditulis oleh salah satu walikota Belgia.

http://en.epochtimes.com/news/7-10-1/60284.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: