SEPUTAR CHINA


Forum “Memahami Tiongkok Masa kini” di Australia

Posted in Politik oleh Seputar China pada September 28, 2007

Oleh: Chen Xinning

(Falundafa.or. id) Tanggal 12 September 2007, LSM Free China menyelenggarakan sebuah forum yang judul “Memahami Tiongkok Hari ini” di Power House di Brisbane, Australia. Pembicara tamu pada forum itu adalah mantan Anggota DPR Kanada dan Sekretaris Negara (Asia-Pasifik) David Kilgour, pengacara HAM Kanada David Matas, dan Direktur Eksekutif Association for Asia Research (Amerika) Zhang Erping.

David Matas: Falun Gong adalah Korban Utama dari Masalah HAM Di Tiongkok
Pada forum itu, pengacara David Matas berkata bahwa untuk memahami Tiongkok saat ini, seseorang terlebih dahulu harus memahami masalah HAM Tiongkok. Seiring dengan pertumbuhan yang semakin kuat dan mempunyai banyak hubungan dengan negara-negara lain, pihak berwenang Beijing tetap menginjak-injak HAM dan masalahnya tidak ada peningkatan.

David Matas, pengacara HAM terkenal

David Matas dan David Kilgour mempublikasikan sebuah laporan investigasi yang menyimpulkan bahwa organ praktisi Falun Gong di Tiongkok diambil secara paksa. Matas berkata bahwa pengambilan organ tubuh secara tidak sah dimulai tahun 2000 dan saat ini masih berlangsung. Banyak dari organ tubuh korban dijual kepada orang asing dan sisa tubuhnya dikremasi untuk menghilangkan bukti fisik. Matas berpikir bahwa masalah Falun Gong menjadi prioritas ketika mempertimbangkan masalah HAM di Tiongkok karena dua per tiga dari korban penyiksaan di kamp kerja paksa Tiongkok adalah praktisi Falun Gong, menurut sebuah laporan PBB.

Menurut Matas, Partai Komunis China (PKC) menggunakan media untuk memfitnah Falun Gong dan memblokir internet. PKC juga menganiaya orang-orang yang membela Falun Gong, contohnya pengacara Tiongkok terkenal Gao Zhisheng. PKC tetap menyalahgunakan kekuasaan politiknya dan meng-cap Falun Gong mempunyai maksud politik dan “anti-China” . Namun, Falun Gong bukan gerakan politik, juga bukan suatu kelompok organisasi, dan tidak punya agenda politik. Adalah PKC yang memenjarakan, menyiksa dan membunuh orang-orang Tionghoa dan juga mencemari lingkungan di Tiongkok. PKC adalah kekuatan anti-China yang sesungguhnya.

Matas juga menambahkan bahwa PKC telah memperluas penganiayaan Falun Gong ke belahan dunia yang lain, dimana Kedutaan Besar China dan Konsulatnya melanjutkan pengintaian terhadap praktisi. Menurut seorang mantan konsulat China di Sydney, Australia, 15 dari 38 anggota staf di konsulat dipekerjakan penuh untuk mengawasi dan mengumpulkan informasi mengenai praktisi Falun Gong di Australia. Seseorang dapat melihat Konsulat China di seluruh dunia menaruh materi propaganda anti Falun Gong di website mereka. Dalam kesimpulannya, David Matas menekankan bahwa komunitas dunia harus menekan PKC untuk memperbaiki HAM di Tiongkok.

David Kilgour: Saya Sungguh-sungguh Menyarankan Semua Orang untuk Berdiri dan Berbicara Untuk Praktisi Falun Gong
David Kilgour menunjukan bahwa PKC telah memerintahkan medianya untuk memfitnah Falun Gong dan mencabut hak asasi dasar para praktisi sejak 1999. Seluruh media kabupaten didorong untuk membuat propaganda palsu untuk memfitnah Falun Gong dan menyesatkan media asing mengenai masalah ini.

David Kilgour, mantan Sekretaris Negara Kanada (Asia Pasifik)

Kilgour berbicara mengenai tingkah laku praktisi Falun Gong. Dia berkata bahwa tiada seorang praktisi pun, yang ditangkap di Lapangan Tiananmen ataupun di rumah yang melakukan kejahatan. Suatu hari saat dia mencoba mengambil sebuah uang koin yang ada di sebuah taman di Athena, Yunani, seorang praktisi mengatakan padanya agar dia tidak mengambil apa yang bukan miliknya. Dia tidak dapat percaya ada orang yang mempunyai moral tinggi seperti itu dianiaya di Tiongkok di abad 21.

Kilgour berkata bahwa PKC telah membunuh ribuan praktisi, dan menjual organ tubuh mereka ke luar negeri untuk mengambil keuntungan. Untuk mempersiapkan Olimpiade 2008, PKC memaksa lebih dari sejuta penduduk Beijing untuk meninggalkan rumah mereka. Orang-orang ataupun kelompok-kelompok yang memboikot Olimpiade Beijing 2008 bukan menentang Olimpiade, namun berharap untuk menghentikan penganiayaan dan kekejaman di Tiongkok. Kilgour menyerukan kepada semua orang untuk berbicara bagi praktisi Falun Gong di Tiongkok.

Zhang Erping: Perkembangan Internet Menerobos Blokade PKC dan Pengendalian Informasi
Seiring dengan perkembangan cepat internet hari ini, banyak ahli merasa ragu, mengapa Beijing menghabiskan banyak uang untuk memblokir dan mengontrol internet. Zhang Erping, seorang praktisi Falun Gong dan Direktur Eksekutif Association for Asia Research, berkata bahwa itu karena corong-corong media dikendalikan oleh pemerintah di Tiongkok, dan internet menjadi satu-satunya saluran dimana orang-orang dapat memperoleh informasi. Internet merupakan media cepat, mudah dan tidak mahal serta mempunyai keuntungan dalam berbagi informasi secara langsung, jadi, ini menjadi suatu ancaman terhadap pengendalian PKC atas informasi.

Zhang berkata bahwa PKC tidak hanya tidak mematuhi Deklarasi HAM Universal yang ditanda-tanganinya dan mempunyai hukum sendiri untuk melindungi kebebasan berbicara menurut Undang-undang, namun juga menciptakan 40 undang-undang baru untuk mengawasi komunikasi dan kebebasan berbicara.

Zhang berbicara mengenai “Proyek Perisai Emas”, suatu pengamanan tingkat tinggi untuk menyensor website-website tertentu. Dia juga menyebutkan bahwa PKC menyewa lima puluh ribu polisi internet untuk berpatroli dan mengawasi pertukaran informasi di internet. PKC juga menyiapkan 700 Pusat Pengawasan Internet di kabupaten. Diantara barang-barang yang disensor di Tiongkok, buku “Sembilan Komentar mengenai Partai Komunis” menduduki urutan pertama, disusul Falun Gong, dan Tragedi 4 Juni di Lapangan Tiananmen. Gereja Kristen bawah tanah, media Barat seperti BBC, VOA dan Wikipedia juga disensor.

Zhang juga menunjukan bahwa software gratis yang dikembangkan di Amerika dengan sukses menembus blokade PKC dan orang-orang di luar Tiongkok harus memperkenalkan kepada lebih banyak pengguna internet di Tiongkok mengenai software gratis ini dan membantu menyelamatkan mereka yang ditangkap karena aktivitas internet legal mereka. Zhang berpikir ada suatu kebutuhan untuk secara legal menghukum perusahaan-perusaha an yang menjual teknologi dan peralatan kepada diktaktor Tiongkok.

Para Peserta: Forum ini Membantu Kami untuk Memahami Sifat Jahat PKC
Terna dari Nepal berkata bahwa forum ini menyediakan banyak informasi dan memperluas wawasannya. Terna telah mendengar mengenai Falun Gong namun tidak tahu mengenai penganiayaan kejam tersebut. Dia berpikir forum ini berhasil dan membantu orang-orang yang perduli akan ekonomi Tiongkok, memahami keyakinan teguh orang Tionghoa.

James Mackay dari Irlandia berkata bahwa tiga peneliti pembicara membuat dia memahami situasi di Tiongkok saat ini – sesuatu yang perlu diketahui dunia. Mackay terkejut karena tidak ada seorangpun yang mencoba menghentikan kekejaman PKC.

Helene Muller, seorang siswa jurusan studi Asia, berkata bahwa hak asasi seringkali dilupakan di dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Setelah forum ini, dia berpikir orang-orang harus lebih perduli mengenai hak asasi di Tiongkok. Dia terkejut dengan pengalaman praktisi Falun Gong dan merasa bahwa dia harus membawa lebih banyak teman kuliah ke forum ini.

John, pembawa acara stasiun radio setempat, berkata bahwa stasiun radionya mendukung demokrasi dan kebebasan berbicara. Beberapa minggu yang lalu, dia mewawancarai beberapa praktisi Falun Gong setempat. Setelah datang ke forum ini, dia berpikir bahwa pemerintah Australia perlu lebih banyak memperhatikan hak asasi di Tiongkok.

Paul, seorang ahli biologi angkatan laut, berkata bahwa semua orang harus mempunyai hak asasi, dan sayangnya rakyat di Tiongkok tidak punya. Paul menemukan bahwa sulit dipahami mengapa kelompok damai seperti Falun Gong dilihat sebagai masalah utama oleh pemerintah Tiongkok dan dianiaya.

Chinese: http://minghui. ca/mh/articles/ 2007/9/17/ 162873.html
English: http://www.clearwis dom.net/emh/ articles/ 2007/9/19/ 89685.html

Iklan

Satu Tanggapan to 'Forum “Memahami Tiongkok Masa kini” di Australia'

Subscribe to comments with RSS atau TrackBack to 'Forum “Memahami Tiongkok Masa kini” di Australia'.

  1. Tionghoa.com said,

    Hmmmm………….


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: