SEPUTAR CHINA


Richard Gere Promosikan Film Baru, Mendesak Boikot Olimpiade

Posted in OLIMPIADE oleh Seputar China pada September 25, 2007

Reuters, 2 September 2007

NEW YORK—Dalam peran di film terakhirnya, aktor Richard Gere mengejar seorang buronan penjahat perang Bosnia. Tetapi di dalam kehidupan nyatanya, Richard Gere yang merupakan seorang penganut Buddhisme sedang mendesak permasalahan HAM di China dan menyatakan bahwa boikot Olimpiade akan sangat membantu.

Gere, koordinator Kampanye Internasional untuk Tibet, menyatakan kepada Reuters bahwa Olimpiade Beijing 2008 merupakan kesempatan bagus untuk mendesak China menghentikan penindasan terhadap Tibet dan mengijinkan daerah Himalaya tersebut untuk menentukan nasib masa depan mereka sendiri.

Bulan lalu, ribuan rakyat Tibet berunjuk rasa di New Delhi dan New York, menyerukan untuk memboikot Olimpiade Beijing.

“Boikot Umum bagi saya memiliki nilai tertentu; mungkin tidak praktis, tetapi secara emosional adalah sangat masuk akal,” kata Gere (58 tahun). “Mengapa dunia harus memberikan ijin kepada orang yang berprilaku jahat kepada rakyatnya sendiri, dan berprilaku jahat kepada orang lain.”

“Dalam beberapa hal, desakan tersebut sangat penting,” katanya dalam sebuah wawancara yang mempromosikan The Hunting Party, yang mulai diputar di bioskop Amerika Serikat pada hari Jumat (31/8)

Pemenang Penghargaan Golden Globe, Gere, bintang dari film American Gigolo dan Pretty Woman, telah lama dilarang mengunjungi China, karena dukungan Gere kepada Tibet. Dan pada tahun 1993, ia berbicara mengenai kondisi buruk di daerah Himalaya pada acara Penghargaan Academy Awards.

China telah menguasai Tibet sejak tahun 1950. Sekitar 120.000 orang Tibet mengungsi ke India, termasuk Dalai Lama – pemimpin spiritual Tibet—yang melarikan diri ke India di tahun 1959.

Amnesti Internasional dan kelompok HAM lainnya mengatakan bahwa China sangat ketat membatasi kebebasan rakyat Tibet dan menekan kebudayaan Tibet. China berdalih bahwa mereka membantu perkembangan daerah yang mengalami kemiskinan sejak lama.

“China seharusnya dapat mencapai kemakmuran yang besar,” kata Gere. “Dan pada saat yang bersamaan mereka harus menghadapi kenyataan bahwa sistem yang mereka terapkan tidak dapat berlanjut lagi. Jenis kepura-puraan antara komunisme dan kapitalisme dapat meledak pada titik tertentu.”

Mengejar Buronan Bosnia

Dalam film The Hunting Party, Gere mengambil peran atas permasalahan internasional – buronan dari perang Bosnia tahun 1992-1995.

Gere memerankan reporter Simon Hunt. Di tahun 2000, Hunt, kameramen Duck, yang diperankan oleh Terrence Howard, dan reporter pemula Benjamin, diperankan oleh Jesse Eisenberg, berencana mencari penjahat perang Bosnia yang paling dicari – “The Fox”

Film tersebut diangkat dari artikel dalam majalah Esquire yang ditulis oleh korensponden perang Scott Anderson. Anderson dan empat reporter reuni di Sarajevo di tahun 2000 dan mengeluarkan rencana kasar untuk mencari buronan kejahatan perang Radovan Karadzic.

Yang mengejutkan mereka, dan tidak pernah dapat mereka bayangkan ketika berusaha menemukan Karadzic, mereka bertemu dengan CIA yang meninggalkan kesan bahwa Washington tidak benar-benar ingin menangkap penjahat perang.

Karadzic adalah bekas pemimpin politik Borsnia Serb yang didakwa oleh pengadilan kejahatan perang PBB dengan tuduhan genosida, tetapi dia tetap menjadi buronan selama satu dekade setelah perang berakhir.

The Hunting Party, disutradarai oleh Richard Shepard, seperti Amerika Serikat yang dengan setengah hati memburu buronan Karadzic, demikian juga dengan perburuan terhadap Osama bin Laden – pendiri al Qaeda dan tertuduh otak perencana serangan 11 September 2001 – demikian pandangan skeptis Gere.

“Mereka sekarang ini bahkan tidak berbicara mengenai dia lagi,” katanya “Secepatnya ini menjadi ‘Oh ini bukan tentang bin Laden, ini adalah terorisme.’ Siapa tahu apa yang telah terjadi?”

http://en.epochtimes.com/news/7-9-2/59322.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: