SEPUTAR CHINA


Hu Jintao Memegang Kendali atas Beberapa Agen Kunci China

Posted in Politik oleh Seputar China pada September 25, 2007

Oleh Shi Yu
Epoch Times Staff, 21 September 2007

Suasana tegang di Lapangan Tiananmen tepat sebelum Kongres Nasioal Ketujuhbelas. (Getty Images)

Kantor Umum Komite Sentral Partai Komunis China (PKC) baru-baru ini mengumumkan bahwa Ling Jihua, yang dikenal sebagai anggota dari faksi Hu Jintao, akan menggantikan Wang Gang sebagai direktur Kantor Umum. Para analis percaya bahwa penggantian ini menunjukkan suatu pergeseran kekuasaan utama di dalam kepemimpinan pusat dan suatu perimbangan baru antara kubu Hu Jintao dan Jiang Zemin.

Perkembangan baru ini datang setelah Hu menetapkan seorang Menteri Keamanan Nasional yang baru dan menggantikan mantan direktur Biro Pengawalan Sentral PKC You Xigui, yang dianggap sebagai orang dekat dan pengikut terpercaya Jiang Zemin.

Juga terdapat laporan bahwa teori “Pandangan Pembangunan Ilmiah” Hu mungkin akan ditulis dalam Konstitusi PKC saat Kongres Nasional Ketujuhbelas PKC. Sementara di kubu lainnya, kekuasaan faksi Jiang telah menyusut. Putra Jiang, Jiang Mianheng tidak berhasil masuk ke lingkaran dalam Kongres Ketujuhbelas. Berbagai sumber memperkirakan hal ini sebagai kemenangan permainan Hu ini dalam ronde terakhir dari pergulatan politik tersebut.

Ling Jihua menjadi Kepala Kantor Umum Komite Sentral PKC
Xinhua Net melaporkan pergantian personil penting ini pada tanggal 20 September 2007. Mereka yang telah terbiasa dengan situasi politik PKC mengatakan bahwa direktur Kantor Umum adalah posisi kunci di dalam arena politik China, karena dia terlibat baik dalam pembuatan keputusan maupun urusan-urusan penting para pucuk pimpinan PKC, termasuk keamanan pribadi.

Seringkali direktur Kantor Umum juga ditunjuk untuk memimpin Komite Pelaksana Para Agen Sentral PKC, yang mana direktur tersebut bisa ditugaskan untuk memimpin Kementrian Front Persatuan, Kementrian Propaganda, dan Kementrian Urusan Dalam.

Tangan Kanan Hu
Ling Jihua berasal dari Pinglu, Provinsi Shanxi. Ia adalah wakil direktur Kantor Pusat Liga Pemuda Komunis China dan Menteri Propaganda Liga Pemuda Komunis. Sebelum promosi terbarunya, ia adalah wakil direktur Kantor Umum.

Sejak Hu menjadi anggota Politbiro PKC di tahun 1992, Ling Jinghua telah mengatur kantor Hu, termasuk mengatur jadwal kerja Hu, pertemuan dalam negeri dan internasional, serta kehidupan sehari-hari Hu. Ia dianggap sebagai tangan kanan Hu.

Kekuasaan Hu Dimantapkan
Ketika Hu menjadi Sekretaris Jenderal PKC setelah Kongres Keenambelas pada tahun 2002, Wang Gang, kemudian menjadi direktur Kantor Umum, selama pemerintahan Jiang masih bertahan. Hu tidak membuat penyesuaian apapun sampai sekarang. Para analis percaya bahwa ini menandakan suatu dasar kekuasaan yang lebih kokoh bagi Hu.

Meng Xuenong Dipromosikan
Pada awal September, ajudan terpercaya Hu lainnya, Meng Xuenong, mantan Wakil Walikota Beijing, telah dipromosikan menjadi Gubernur dan Wakil Sekretaris Komite Provinsial Provinsi Shanxi.

Sepanjang krisis SARS pada tahun 2003, Meng, yang pada saat itu menjabat sebagai walikota Beijing, telah dicopot dari posisinya. Pendapat publik meyakini bahwa demi untuk mencopot ajudan kepercayaan Jiang, Zhang Wenkang, yang menjabat sebagai Wakil Menteri Kesehatan Publik saat itu, Hu tidak punya pilihan selain mencopot Meng juga.

Kini kembalinya kejayaan Meng dianggap sebagai akibat langsung dari pengaruh Hu menaklukan Jiang.

Karir Politik Jiang Mianheng Mungkin Berakhir
Dua perubahan utama terhadap daftar para perwakilan Kongres Partai ke-17 telah mengejutkan kepegawaian PKC—sekutu terpercaya Jiang, You Xiqui tidak terpilih dan putra Jiang, Jian Mianheng telah tersingkir. Orang luar menduga kekalahan pemilihan Jiang Mianheng mengindikasikan karir politiknya berakhir.

Majalah Open yang bermarkas di Hong Kong melaporkan bahwa para pejabat di Shanghai sering mendengar desas-desus bahwa Jiang Mianheng tengah dalam penyelidikan karena masalah disipliner dan telah dilarang bepergian ke luar negeri karena ia terlibat dalam banyak kejahatan ekonomi. Awal tahun ini, berbagai media luar negeri mencatat bahwa website-website berita utama China, termasuk baido.com, tidak memblokir berita-berita yang bersifat menghina seperti “Jiang Mianheng menjadi tersangka” dan “Jiang Mianheng ditangkap.”

Teori-teori Hu Akan Ditulis dalam Konstitusi PKC
Perubahan penting lainnya pada Kongres Partai Ke-17 bulan depan akan mencantumkan “Konsep Pembangunan Ilmiah,” ideologi Hu untuk pembangunan ekonomi, di dalam Konstitusi Partai. Para analis menduga Hu mendesak agar ideologinya ditaruh ke dalam Konstitusi Partai selama Kongres ke-17 untuk menekankan bahwa ia akan berjalan pada jalurnya sendiri—sedikit berbeda dengan Jiang, yang mengorbankan lingkungan demi ekonomi. Seorang ahli mengatakan tindakan ini menandakan bahwa Hu telah mengakhiri serangannya terhadap Jiang pada tingkat ideologi dan bersiap untuk mengakhiri Jiang sekali dan untuk selama-lamanya.

Hu Siap Untuk Penahanan Jiang
Sima Tai, seorang penulis Epoch Times, mengatakan bahwa Kongres Partai Ke-17 memasukkan “Konsep-konsep Pembangunan Ilmiah” milik Hu ke dalam Konstitusi Partai memiliki banyak arti di dalam pergulatan antara Hu dan Jiang. Di masa lalu, rejim Jiang terus menerus menggunakan teori “Tiga Wakil” milik Jiang untuk menekan Hu. Setelah Kongres Ke-17, teori Jiang akan memiliki sedikit pengaruh atau sama sekali tidak penting.

Sima Tai berpendapat bahwa pergulatan di antara para petinggi PKC sedang mendekati akhir. Hu saat ini telah memegang bukti korupsi Jiang dan putranya dan penindasan ilegal berdarah terhadap rakyat China. Hu pada dasarnya telah menyelesaikan pekerjaan persiapan untuk menahan Jiang Zemin, yang kini terbuang dari tampuk dukungan militer. Hu juga siap untuk menetapkan susunan ulang dari para pejabat tinggi dan menghapus teori Jiang. Sebuah perintah untuk mengeksekusi akan menjadi langkah yang terakhir.

http://en.epochtimes.com/news/7-9-21/60010.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: