SEPUTAR CHINA


Larangan Memproduksi Souvenir Olimpiade

Posted in OLIMPIADE oleh Seputar China pada Agustus 28, 2007

Empat perusahaan China telah dilarang memproduksi souvenir untuk Olimpiade. Padahal pemerintah setempat berharap meraih keuntungan besar dari souvenir tersebut.

Sebuah perusahaan peralatan kantor China telah dicabut ijinnya sebagai produsen souvenir Olimpiade 2008 karena dituduh mempekerjakan pekerja dibawah umur. Menurut, Komite Olimpiade Beijing Lekit Stationery, salah satu perusahaan tersebut, dipercaya telah mempekerjakan delapan pekerja dibawah umur.

Pejabat menyelidiki kasus ini setelah dikeluarkannya laporan oleh kelompok advokat PlayFair 2008 yang mengklaim bahwa empat perusahaan yang memasok produk Olimpiade telah mengeksploitasi pekerjanya. Kontrak tiga perusahaan lain kini juga telah ditahan karena melakukan pelanggaran yang lebih ringan

‘Tidak Tahu’
Laporan dari komite penyelenggara Olimpiade Beijing (BOCOG) menemukan bahwa dari Januari hingga Februari 2007, Lekit Stationary di Dongguan “dipercaya telah menggunakan pekerja anak-anak, dengan mempekerjakan delapan pelajar untuk bagian pengepakan barang.”

“BOCOG, sesuai dengan persetujuan ijin, akan secara serius menangani para pemegang ijin yang telah melanggar peraturan dan hukum ketenagakerjaan nasional,” kata komite tersebut dalam pernyataannya yang dikeluarkan akhir Juli lalu. Pekerjaan yang dilakukan oleh tenaga kerja dibawah umur tersebut tidak berkaitan dengan produk Olimpiade.

Tiga perusahaan lainnya yang membuat produk Olimpiade – Produk Kulit Eagle, juga berlokasi di Dongguan, dan dua perusahaan dekat Shenzhen, Produk Lampu Yue Wing Cheong dan Perusahaan Mainland Headwear – juga dinyatakan bersalah karena melanggar peraturan ketenagakerjaan

Tiga perusahaan tersebut bermasalah pada “jam kerja lembur (overtime), tetapi tidak ditemukan masalah tenaga kerja anak-anak” kata pernyataan komite tersebut. Perusahaan tersebut akan tetap memproduksi barang-barang yang telah berijin, tetapi tidak diperbolehkan mendesain souvenir Olimpiade baru sampai mereka merubah penanganan bisnis mereka.

BOCOG telah mengeluarkan ijin kepada 60 perusahaan China untuk memproduksi souvenir Olimpiade seperti topi, tas, pen dan alat-alat kantor, menjelang Olimpiade 2008.

Laporan Playfair menyatakan bahwa empat pabrik tersebut dikritik dan dinyatakan bersalah karena mengabaikan keselamatan dan kesehatan kerja, sebagaimana juga membayar upah yang lebih rendah dari upah minimum yang ditentukan dan juga tidak membayar upah kerja lembur.

Keempat perusahaan tersebut menolak tuduhan tersebut, meskipun kemudian Lekit mengakui menggunakan tenaga kerja dibawah umur. Dalam wawancara dengan BBC bulan lalu, perusahaan ini bersikeras bahwa tenaga kerja tersebut adalah dipekerjakan oleh sub-kontraktornya, dan Lekin tidak mengetahui kalau mitranya mempekerjakan pekerja dibawah umur.

http://news.bbc.co.uk/2/hi/asia-pacific/6924116.stm

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: