SEPUTAR CHINA


Cara Kasar untuk ‘Membersihkan’ Beijing

Posted in OLIMPIADE oleh Seputar China pada Agustus 28, 2007

 prtosh.jpg

Oleh Gearoid O’Conchuir, Staf Epoch Times Irlandia

PRTOST: Para pendemo, banyak yang dari Tibet, meneriakkan nyanyian-nyanyian selama rapat umum yang disponsori oleh Amnesti Internasional yang menunjuk pelanggaran-pelanggaran HAM China beresiko melanggar piagram Olimpiade. Protes tersebut dilakukan bertepatan dengan satu tahun menjelang Olimpide Beijing 2008. (Tim Sloan/AFP/Getty Images)

Amnesti Internasional (AI) cabang Irlandia mengatakan kepada The Epoch Times bahwa rejim komunis China terus menggunakan cara-cara kasar untuk mengontrol para pemrotes menjelang Olimpiade 2008. Perhatian utama penguasa China pada masa ini dalam persiapannya untuk menyambut pesta o;ah raga dunia adalah pada ‘stabilitas sosial’, bukannya memenuhi janji yang dibuatnya di tahun 2001 untuk memperbaiki kondisi HAM.

“Di samping beberapa reformasi terbatas, perhatian utama China menjelang Olimpiade kelihatannya adalah untuk menjaga ‘stabilitas’ , hal ini terwujud dalam desakan-desakan untuk ‘membersihkan’ Beijing dan membersihkan kota yang ‘tidak diinginkan’,” tandas juru bicara Amnesti Internasional Roxanne Macara kepada The Epoch Times

Sayangnya, menurut Macara, pemerintah China terus mengandalkan cara-cara kasar untuk melakukan “pembersihan” Beijing, seperti misalnya menggunakan metode ‘Pendidikan ulang melalui kerja paksa’ dan ‘Rehabilitasi Paksa Narkoba’ – dimana keduanya nampaknya sedang diperluas di Beijing sehubungan dengan Olimpiade tersebut.

“Kita juga telah melihat penindasan terhadap para akti\vis yang diintensifkan, termasuk beberapa di Beijing yang telah dipenjara maupun yang masih di bawah pengawasan ketat polisi, termasuk bertambahnya penggunaan ‘tahanan rumah’,” tambahnya.

Amnesti Internasional juga menyatakan keprihatinannya terhadap penutupan beberapa saluran media baru-baru ini di China. “Ini adalah perkembangan yang mengkhawatirkan dan nampak seperti bagian dari upaya-upaya yang lebih luas untuk memperkuat kontrol pemerintah terhadap informasi menjelang Olimpiade.”

Sebagai bagian dari kampanye AI untuk menekan Komunis China guna memperbaiki situasi HAM-nya menjelang Olimpiade, mereka meminta pembebasan sejumlah orang yang ditahan secara ilegal. “Satu kasus yang kami soroti menjelang Olimpiade Beijing adalah Bu Dongwei, yang telah diperintahkan untuk ‘Pendidikan ulang melalui kerja paksa’ setelah polisi menemukan literatur Falun Gong di rumahnya. Dia adalah seorang tahanan politik dan harus dibebaskan.”

Pada saat itu Amnesti Internasional bukan meminta suatu pemboikotan terhadap Olimpiade 2008 tetapi telah menyatakan bahwa jika situasi HAM di China tidak diperbaiki, posisi mereka mungkin berubah.

AI sedang mendorong orang-orang yang berencana mengunjungi China selama Olimpiade untuk mencari informasi lebih banyak mengenai kampanye mereka guna memperbaiki keadaan HAM di negerri itu sebelum mereka melakukan perjalanan. (www.amnesty.ie)
http://en.epochtimes.com/news/7-8-21/58880.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: