SEPUTAR CHINA


WHO Kuatirkan Polusi di Beijing

Posted in Lingkungan oleh Seputar China pada Agustus 21, 2007

Para penonton dan peserta Olimpiade Beijing 2008 akan menghadapi masalah kesehatan serius karena polusi udara, kata seorang pakar kesehatan.

Dr Michal Krzyzanowski dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan kepada BBC bahwa orang-orang yang memiliki masalah dengan jantung dan jalan pernafasan harus benar-benar memperhatikannya. Dia juga mengatakan kualitas udara kota itu yang buruk bisa memicu serangan asma.

Peringatan itu disampaikan di saat Beijing memulai ujicoba larangan menggunakan mobil selama empat hari yang ditujukan untuk mengurangi kemacetan lalu lintas dan meningkatkan kualitas udara. Pemerintah Cina berencana untuk melarang penggunaan mobil selama penyelenggaraan olimpiade tahun depan di Beijing.

‘Polusi berat’
Namun meski pemerintah Cina merencanakan pengurangan emisi, Dr Krzyzanowski mengatakan WHO masih mengkhawatirkan orang-orang yang akan datang untuk menonton pesta olahraga ini tahun depan. “Semua kota Cina memilki polusi berat menurut standar Eropa, namun jika dinilai dengan standar Asia pun, polusi di kota-kota Cina cukup buruk,” katanya kepada BBC. Menurutnya, masalah utama di Cina adalah polusi udara, yang bisa masuk ke sistem pernafasan dan kotoran dialirkan oleh darah ke seluruh tubuh.

Wartawan BBC di Beijing Daniel Griffith mengatakan kemacetan lalu lintas adalah pemandangan yang sering dijumpai. Asap kendaraan sering menyebabkan kabut asap tebal menggantung di atas kota.

Pengurus olimpiade internasional mengatakan beberapa nomor di sejumlah cabang mungkin harus ditunda karena buruknya kualitas udara. Hal ini membuat panitia penyelenggara olimpiade Beijing kuatir. Karena itu mereka akhirnya berencana untuk mengurangi jumlah kendaraan di jalan dan pekan ini ujicoba rencana tersebut dilakukan.

Selama empat hari ke depan hampir separuh mobil di Beijing tidak boleh dipakai. Jika rencana ini dinyatakan berhasil kebijakan ini akan diterapkan selama penyelenggaraan olimpiade. Hal ini akan dipandang sebagai kesediaan Cina untuk melakukan apa saja agar penyelenggaraan olimpiade bisa sukses.

http://www.bbc.co.uk/indonesian/news/story/2007/08/070817_beijingtrial.shtml

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: