SEPUTAR CHINA


Kondisi Kritis Tahanan Politik Dipertanyakan

Posted in Pers oleh Seputar China pada Agustus 15, 2007

Kondisi kritis yang dialami aktivis internet China, Zhang Jianhong alias Li Hong di penjara, dikecam Reporters Without Borders. Sebelum Olimpiade, organisasi pers dunia ini mendesak dia dibebaskan.

(Erabaru.or.id) – Reporters Without Borders menyuarakan tentang kekejaman atas kegagalan pejabat penjara merawat penulis dan aktivis internet Zhang Jianhong, yang juga dikenal dengan nama Li Hong. Dipenjara sejak September 2006, Zhang berada dalam kondisi kritis dalam waktu tiga bulan belakangan ini dan dikuatirkan mengalami kelumpuhan total.

”Ketika China sedang merayakan Pesta Olimpiade mendatang, seorang tahanan politik beresiko mengalami kelumpuhan untuk sisa hidupnya karena tidak adanya perawatan di dalam penjara,” kata organisasi kebebasan pers tersebut. Selama lebih dari dua bulan, pihak berwenang tidak memenuhi permintaan Zhang untuk perawatan di rumah sakit. Mereka mendesak pembebasan segera atas aktivis internet ini, yang keadaan kritisnya dianggap akan merusak citra China.

Menurut istri Zhang, pejabat penjara memberitahu kepadanya pada 26 Juni lalu bahwa suaminya akan mendapatkan perawatan namun harus mengikuti prosedur hukum untuk memperoleh ijin agar dirawat di rumah sakit. ”Saya tidak bisa melihat dia sejak itu. Saya berharap yang berwenang menunjukkan rasa perikemanusiaan yang cukup untuk mengijinkan dia dibawa ke rumah sakit sesegera mungkin. Jika tidak, saya tidak bisa membayangkan apa yang akan terjadi,” tutur Istri Zhang kepada Radio Free Asia pada 5 Agustus 2007 lalu.

Di hari yang sama, lebih dari seribu rekan, kolega dan simpatisan Zhang mempostingkan surat terbuka ke website berita Boxun (www.boxun.com) meminta pembebasan Zhang dengan alasan kemanusiaan. “Jika Li Hong [Zhang] tidak dirawat segera, dia bisa menjadi lumpuh total dan meninggal,” kata surat tersebut. Jika terjadi sesuatu yang mengerikan terhadapnya, lanjutnya, China tidak lagi bisa menjadi mitra internasional yang dapat dipercaya.

Sebuah surat yang bertandatangan, Wu Fan, editor Zhongguo Shiwu (Chinese Affairs), berkomentar mengenai Zhang. “Ia adalah seorang yang menginginkan negerinya menjadi baik. Ia tidak pernah ingin menggulingkan pemerintah. Ia seorang akademis, bukan teroris. Ia tidak boleh diperlakukan dengan cara seperti ini,” ujarnya.

Pengacara Zhang, Li Jianqiang, telah menerima surat dari Zhang pada bulan Juni lalu yang menyebutkan, “Penyakit saya sangat aneh. Sekarang ini tidak ada obat atau perawatan efektif. Kondisi saya telah memburuk sejak sebulan lalu dan otot-otot saya berhenti tumbuh. Saya hampir tidak bisa menggerakkan lengan saya dan keadaan ini telah meluas ke kaki saya. Kaki saya sudah lumpuh. Jika ini berlanjut, saya akan terkena cobaan yang mengerikan yaitu kelumpuhan total, seperti ahli fisika Stephen Hawking.”

Zhang telah dihukum oleh pengadilan di Ningpo, di tenggara provinsi Zhejiang, pada 19 Maret lalu dengan enam tahun penjara karena menulis sejumlah artikel di internet yang dianggap telah memfitnah pemerintah China dan menghasut penggulingan pemerintahan.

Sebagai seorang anggota Asosiasi Penulis Independen PEN cabang China, Zhang mendirikan website sastra Aizinghai.org di tahun 2005. Ia juga memposting secara rutin pada forum Weilai Zhongguo dan menulis artikel untuk beberapa website China yang bermarkas di luar negeri. Ia menghabiskan waktu satu setengah tahun dalam pendidikan ulang-melalui-kamp kerja setelah terlibat dalam pergerakan pro-demokrasi Tiananmen pada 1989.

http://www.rsf.org/article.php3?id_article=23244

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: