SEPUTAR CHINA


Hambatan Psikologis Untuk Melepaskan Diri dari Kebudayaan Partai Komunis

Posted in Uncategorized oleh Seputar China pada Juli 31, 2007

Oleh Yang Jingduan

Bekerja sama dengan Broad Press Inc dan Surat Kabar The Epoch Times, Chinese Consolidated Benovolent Association menggelar seminar “Melepaskan Diri dari Kebudayaan Partai”di New York tiga bulan lalu. Pidato yang menarik dibawakan oleh tamu khusus Hu Ping, kepala editor Beijing Spring Li Tianxiao, serta menampilkan komentator politik NTDTV, kritikus politik dan ekonom Chen Pokong, dan Ahli Psikologi Yang Jingduan Berikut adalah pidato yang dibawakan oleh Yang Jingduan:

Secara pribadi, saya tidak tahu banyak mengenai politik. Akan tetapi, saya merasa bahwa saya datang ke seminar hari ini karena saya merasa bahwa hal ini sangatlah penting. Dewasa ini, ketika saya berbicara dengan teman saya, sering kali mereka akan mengatakan bahwa Partai Komunis China (PKC) sedang berjalan menuju jurang kemusnahan, tidak ada seorangpun yang masih mempercayai komunis. Budaya partai menjadi kurang jelas.

Saya mulai berpikir mengenai masalah ini dan mulai menyelidikinya. Baru-baru ini saya mendapatkan sebuah fenomena: Di China – bagaimanapun PKC berbicara mengenai diri mereka sendiri, orang-orang akan mengacuhkannya. Apa yang terjadi sekarang? PKC belajar untuk lebih “pintar” dan membentuk budaya mereka menjadi sesuatu yang lebih tradisional. PKC telah membuat pertunjukkan dalam bentuk tradisional dan berencana untuk mendirikan Institusi Konfusius di seluruh dunia.

Orang-orang akan berpikir: Mengapa tidak ada satupun Institusi Konfusius di dalam China? Karena tujuan Partai adalah secara diam-diam mengekspor budaya partai ke seluruh dunia atas nama Konfusius. Ini adalah sesuatu yang harus kita waspadai.

PKC Menghilangkan Kebudayaan Tradisional China dari Pikiran Rakyatnya.

Pada usia saya yang ke-21, saya dikirim oleh PKC untuk bersekolah di Australia selama tiga bulan. Ada seorang pelajar di Institusi Kesehatan dimana saya memperdalam ilmu dan dia mengetahui bahwa saya berasal dari China. Setelah dia mengetahuinya, dia bertanya kepada saya, “Mari kita berdiskusi tentang Tao Te Ching.” Saya sangat malu. Apa itu Tao Te Ching? Bagaimana saya dapat mengetahui tentang Tao Te Ching?

Ini mengambarkan kepada anda bahwa pendidikan yang telah kami terima, hal terpenting dan terutama yang telah hilang, adalah kebudayaan tradisional China; kami benar-benar diputuskan dari kebudayaan tradisional China. Hanya dengan menggunakan metode ini, PKC baru dapat memaksakan benda-bendanya, budaya barat Marxisme-Leninisme, dan kekerasan kebudayaan PKC dalam otak kami.

Akan tetapi, taktik ini sekarang tidak dapat digunakan lagi. Maka PKC mulai bergerak dan menyerang kebudayaan tradisional China asli dengan segala cara dan segala biaya. Mengapa? Karena PKC tidak akan mengizinkan siapapun untuk menggantikan kebudayaan beracun mereka. Dan hal ini menjelaskan mengapa PKC menyerang tanpa ampun kepada semua kelompok yang berhubungan dengan kebudayan tradisional China, menyerang lebih gencar daripada apapun dalam sejarah.

Jika anda berbicara dengan berbagai pejabat Amerika Serikat, termasuk mereka yang berasal dari Departemen Negara atau kalayak bisnis yang memiliki hubungan perdagangan dengan China, mereka akan mengatakan kepada anda, bahwa tidak peduli apapun yang anda kerjakan di China, apakah itu bisnis, atau politik, atau diplomasi, hanya ada satu subjek yang tabu: Falun Gong, yang dianggap sebagai musuh nomor satu di China. Mengapa? Alasan paling dasar yaitu Falun Gong berakar dari kebudayaan tradisional China dan PKC sangat menyadarinya.

Menurut logika PKC, jika kebudayan tradisional China dikembalikan, maka setiap orang akan berlatih Sejati, Baik dan Sabar. Dengan demikian siapa yang akan berbohong dan melakukan aksi kekerasan untuk partai? Berdasarkan hal ini, PKC menganggap pengembalian kebudayan tradisional China sebagai ancaman terbesar. Dan hal ini menyebabkan mereka menyerang semua kelompok yang mempromosikan kebudayaan tradisional China dengan segala cara dan segala biaya, meskipun tindakan tersebut kadang kala menjadi sangat ekstrim.

Kebudayaan Apa yang Berlaku di China Saat ini?
Saya menonton wawancara dengan Zhang Yihe di Televisi kemarin, Zhang Yihe adalah anak perempuan Zhang Bojun, dan pengarang tiga buku yang dilarang di China. Dia menyebutkan mengenai tiga trend berbeda. Apa yang dia katakan tentang budaya China sekarang? Pertama-tama, dia berkata bahwa itu adalah Budaya Kenikmatan. Tidak ada apapun yang lebih penting dari kenikmatan. Anda dapat menikmati segala pelayanan apapun: cuci rambut, cuci muka, pijat kaki dan karaoke. Hiburan dan kegembiraan sensual adalah pusat dari budaya nikmat China.

Dia berkata bahwa budaya belanja adalah trend kedua. Dua hal yang terlihat nyata ketika anda mengamati pusat perbelanjaan di China. Hanya dengan melihat barang-barang yang di-obral; orang-orang berlomba-lomba untuk berbelanja. Bahkan kue bulan dapat dijual dengan harga puluhan ribu yuan. Jenis budaya macam apakah ini? Apakah berlomba-lomba kekayaan? Tidak. Ini adalah distorsi kebudayaan. Spiritual manusia tidak dapat diekspresikan, sebagai hasilnya mereka telah membangun “budaya belanja”

Akhirnya, dia menuliskan mengenai trend ketiga, mengosongkan beberapa bagian dan tidak menjelaskan mengapa. Saya berpikir apakah beberapa bagian tersebut telah dihilangkan. Kemudian saya menulis sendiri beberapa karakter – budaya kemusnahan.

Pikirkanlah, negara sebesar itu dengan kekuatan militer di tangan orang-orang yang tidak perduli terhadap moralitas dan kehidupan, apakah negara ini dan bangsa ini tidak akan runtuh? Bukan hanya runtuh, tapi akan membawa seluruh dunia dalam keruntuhannya.
Hambatan Psikologis Melepaskan diri dari PKC

Apa hambatan yang kita hadapi dalam proses melepaskan diri dari PKC? Hal ini sangat besar dengan berbagai tampilan yang berbeda. Bukan datang dari permukaan, tetapi dari dalam diri dan pikiran setiap rakyat China. Ketika kita mengatakan melepaskan diri dari PKC, bagaimana cara melepaskan diri?

Budaya adalah sesuatu yang abstrak, adalah manifestasi dari kualitas mental seseorang dan hal itu ada dalam pikiran setiap orang. Dengan demikian, melepaskan diri dari Budaya Partai adalah sesuatu yang sangat mendasar untuk menyelesaikan masalah psikologis. Apakah kekerasan hanya salah satu alasan mengapa PKC dapat bertahan meski Komunisme telah runtuh di belahan dunia lainnya? Tidak. PKC adalah ahli dalam menyerang hati, dan mengakibatkan efek psikologis yang merusak, merubah dan mencuci otak manusia.

Saya akan mendiskusikan hal ini dari segi profesionalisme saya, dan hal ini akan memberikan kepada anda beberapa pemahaman baru ketika anda bertemu dengan beberapa orang dan menghadapi beberapa hal yang anda tidak mengerti.

Fenomena pertama: Kita mengetahui ada jenis orang yang menderita oleh pengalaman trauma sadis. Seberapa sadis? Hingga ke batas dimana dia merasa hidupnya terancam. Setelah kejadian seperti itu, orang ini akan selalu dibayang-bayangi oleh ketakutan. Setelah berada dalam kondisi tersebut selama waktu yang lama, segala sesuatu yang berkaitan dan mengingatkan orang ini akan membuatnya sangat tidak nyaman.

Seperti yang dikatakan oleh Hu Ping, orang-orang memiliki kecenderungan untuk melarikan diri. Mengapa? Karena mereka tahu bahwa hal tersebut sangat berbahaya. Mengapa PKC selalu memulai dengan gerakan politik? Tujuan utamanya adalah untuk berulang-ulang membuat massa rakyat mengalami trauma dan ketakutan seperti itu. Dengan cara ini, anda akan dikondisikan selalu menghindari dan mengabaikan topik ini.

Ketika menjauhkan diri dari masalah ini, masalah lain akan timbul: Manusia memiliki kesadaran, segala jenis penolakan adalah sangat menegangkan. Dengan demikian apa yang harus dilakukan? Mereka akan membuat otak mereka menjadi baal. Orang dalam situasi seperti itu akan menyelubungi diri mereka sendiri, dan menolak apapun yang dia lihat dan dia dengar. Dia akan menolak apapun yang anda katakan kepadanya.

Katakanlah, seseorang datang berkunjung ke Amerika Serikat, dan diberikan brosur yang menyatakan seberapa jahatnya PKC, dan bagaimana PKC menindas Falun Gong, bagaimana Partai menindas umat Kristiani, dan bagaimana partai membantai aktivis demokrasi. Ini adalah sesuatu yang tidak ingin dia dengar, dan akan membuatnya tidak nyaman, dan membuat pikirannya menolak.

Apa yang harus dia lakukan jika dia menerimanya? Apa yang seharusnya dia lakukan sekembalinya ke China? Dalam situasi seperti itu, dia akan mengatakan bahwa apapun yang anda katakan adalah salah, sehingga dia dapat tetap tidur dengan nyenyak. Jika dia mempercayai anda, apa yang akan dia lakukan setelah kembali ke China? Setiap orang memiliki kesadaran. Ini apa yang kita sebut sebagai “recognition schizoid syndrome” dalam ilmu psikologi. Ini adalah fenomena lainnya.

Fenomena ketiga adalah benar-benar kehilangan harapan terhadap sekelompok orang. Peneliti dalam ilmu psikologi telah melakukan beberapa penelitian yang menjelaskan mengenai sindrom ini: Tikus percobaan ditaruh dalam kandang, dan secara terus menerus diberikan kejutan aliran listrik.

Pada awalnya tikus itu akan berlari mengelilingi kandang, berusaha untuk mencari jalan keluar. Ini akan berlangsung selama beberapa saat, ketika tikus tersebut menyadari bahwa tidak ada jalan keluar dari kandang tersebut, maka dia akan berhenti berlari.

Setelah beberapa saat, bahkan ketika anda telah membuka pintu kandang tersebut, tikus tersebut akan terus duduk di sana ketika anda memberikan kejutan listrik, karena tikus tersebut telah yakin bahwa tidak ada gunanya bergerak. Ini adalah situasi serupa yang sedang terjadi di China sekarang ini.

Saat ini, PKC tidak lagi memiliki kekuasaan dan kemampuan untuk menipu seperti yang sebelumnya telah dilakukan. Pintu kandang China telah dibuka, dan besar kemungkinan bagi rakyat China untuk mendapatkan kembali hak mereka dengan suatu perjuangan. Tetapi banyak dari mereka yang seperti tikus yang tidak bergerak tersebut, meyakini bahwa usaha tersebut akan sia-sia.

Tetapi seperti apa yang anda lihat dalam kasus Dr. Gao Yaoji, bahkan wanita tua berusia 80 tahun dapat melakukan tindakan tersebut. Apakah hal ini memungkinkan pada masa lalu? Tentu tidak. Dr. Gao Yaoji adalah tikus yang tidak dapat diyakini bahwa dia tidak dapat meloncat ke luar, dengan demikian dia mampu untuk meloncat ke luar. Di masa sekarang ini di China, jika kita percaya kita mampu, bahwa kita dapat meloncat keluar.

Sindrom Stockholm Rakyat China

Ada lagi satu fenomena: Seperti yang disebutkan oleh Hu Ping, anda dapat melakukan jajak pendapat dari beberapa orang . Mereka adalah orang berpendidikan tinggi dengan budaya berbalik. Segera setelah anda mengajukan pertanyaan kepada mereka, semua kepintaran mereka akan menguap ke udara, dan anda akan ditinggalkan dengan angka persentase tinggi dari sejumlah orang yang puas dengan PKC. Anda berpikir mereka berbohong? Tidak. Mereka benar-benar berterima kasih kepada rejim Komunis China.

Saya membaca sebuah artikel mengenai pejabat militer tingkat tinggi di China bernama Huang Kecheng. Dia menderita berbagai penyiksaan berat, tetapi pada akhirnya dia tetap mengatakan bahwa Mao adalah pria yang hebat, dan dia telah melakukan kesalahan terhadap orang hebat tersebut. Ada juga sebuah kasus, seorang penulis Ding Lin. Dia mengalami berbagai penderitaan dan kepahitan selama periode gerakan anti-kanan, tetapi dia akhirnya menjadi ekstrimis kiri dan secara fanatik mendukung rejim komunis setelah dibebaskan. Apakah anda berpikir bahwa dia gila? Tidak. Ini yang dinamakan sebagai “Sindrom Stockholm”
Apa yang dimaksud dengan Sindrom Stockholm? Ini pada dasarnya adalah fenomena yang cukup umum. Ketika hidup anda terancam secara keras, atau ketika anda telah ditipu, atau ketika anda telah diisolasi dari dunia luar, anda akan membentuk ikatan emosional aneh dengan orang yang telah mencederai anda.

Kenyataannya, saya juga memiliki ikatan emosional aneh dengan PKC ketika saya pertama datang ke Amerika Serikat. Pada saat saya mendengar seseorang mengkritik PKC, saya akan merasa sangat tidak senang dan mulai berargumentasi melawan kritik tersebut. Jika bukan karena pengalaman yang telah saya dapatkan dalam beberapa tahun ini, dan kesempatan untuk dapat melihat secara lebih objektif dalam permasalahan ini dalam suatu lingkungan yang lebih aman dimana hidup saya tidak dalam suatu ancaman, mungkin saya akan tetap berada dalam kondisi tersebut suatu hari. Ini adalah sesuatu yang sering kita hadapi.

Memahami Watak Hakiki Partai
Apa yang menjadi solusi atas semua ini? Setelah anda memiliki pemahaman yang jelas atas permasalahan ini, solusi akan menjadi sangat jelas. Pertama-tama, anda harus dapat mengetahui secara jelas watak hakiki kebudayaan partai—partai merusak hidup manusia, tidak menghargai hidup manusia; sangat jahat. Jika anda tidak memiliki pemahaman jelas atas Budaya partai, maka segala ramuan apapun adalah tidak nyata.

Mengapa kebijakan Amerika terhadap China tidak dapat terlaksana? Mengapa tidak ada kemajuan penyelesaian masalah Taiwan dengan China? Karena banyak orang yang lupa dengan siapa mereka berhubungan. Dalam pikiran mereka, seekor harimau yang memakai pakaian, menggunakan topi dan dasi, dan mulai berbicara mengenai hak asasi manusia, secara tiba-tiba terlihat sebagai vegetarian daripada karnivora. Hal ini tidak mungkin terjadi. Kita harus jelas dalam pikiran kita.

Kedua, kita secara tanpa lelah harus menjelaskan kebenaran kepada orang-orang dan memberikan dukungan kita kepada mereka, atas kesulitan yang mereka hadapi. Hal inilah yang menyebabkan saya sangat kagum atas kepintaran Kampanye Pengunduran. Pikirkan baik-baik: Di China, keluar dari partai dapat menyebabkan anda kehilangan pekerjaan anda, dan bahkan hidup anda.

Dengan munculnya Kampanye Pengunduran, telah memberikan kesempatan kepada pikiran kita untuk melepaskan diri dari Partai bahkan dengan nama samaran. Ini adalah kunci penting, karena begitu pikiran anda berubah, pola pikir berganti, dengan demikian persepsi terhadap segalanya akan berubah sejalan dengan itu.

Mulai dari sekarang, jangan takut akan tampilan PKC yang seberapa kuat dan besar pada saat ini. Sangat kritikal bagi anda untuk melepaskan diri dari Budaya Partai dalam pikiran anda, hati anda dan jiwa anda. Dengan demikian setiap orang disini saat ini dapat menjadi bagian dari Pelepasan dari Budaya Partai.
http://en.epochtimes.com/news/7-5-7/54986.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: