SEPUTAR CHINA


Beijing Mengawasi LSM Asing Sebelum Olimpiade 2008

Posted in Uncategorized oleh Seputar China pada Juli 31, 2007

Terkait dengan Pesta Olahraga Olimpiade Beijing 2008, agen intelijen China telah meningkatkan upaya untuk mengumpulkan informasi mengenai orang asing yang mungkin melakukan demonstrasi, guna mencegah hal yang dapat mencuri perhatian atas pesta olah raga dunia itu.

Ahli keamanan dan konsultan yang menguasai operasi ini telah menyatakan bahwa agen China yang bertanggung jawab atas pelaksanaan intelijen dan kelompok-kelompok peneliti kebijakan sedang dalam proses pengumpulan informasi mengenai organisasi-organisasi asing yang dianggap berpotensi mengancam ‘reputasi Beijing’, dan lingkupnya tidak dibatasi pada organisasi HAM yang telah lama mengkritik pemerintahan Beijing.

Organisasi yang menjadi target meliputi kelompok Kristen Katolik yang telah lama berharap untuk mengakhiri penindasan China terhadap kegiatan-kegiatan agama, para aktivis lingkungan yang geram terhadap pemanasan global yang makin memburuk, juga para aktivis yang menuntut agar Beijing menggunakan kekuasaannya dalam pembelian minyak dari Sudan untuk membantu mengakhiri krisis HAM di Darfur.

Ini benar-benar operasi pengumpulan informasi yang terluas terhadap “organsisasi-organisasi non pemerintah” yang menentang Beijing. Tujuan tentu saja untuk meniadakan kemungkinan demonstrasi dan kegiatan politik lainnya selama pertandingan Olimpiade Beijing. Dengan menjadi tuan rumah Olimpiade, digunakan oleh Beijing bukan saja untuk mendorong popularitas domestik kepemimpinan Partai Komunis China (PKC), tetapi juga ingin memperbaiki citranya di dunia internasional.

Seseorang yang bekerja sebagai panitia penyelenggara Olimpiade Beijing yang tidak ingin disebut namanya mengatakan, “Panitia penyelenggara prihatin terhadap segala potensi kegiatan demonstrasi, termasuk kegiatan anti-Amerika.” Ia menambahkan, “PKC ingin tahu LSM kategori mana saja yang akan datang ke Beijing dan apa kemungkinan rencana mereka.”

Lingkup operasi pengawasan yang dilakukan oleh Beijing kali ini jauh lebih luas dibanding sebelumnya, dan kebanyakan kegiatan yang dilakukan oleh organisasi-organisasi asing ini adalah legal di sebagian besar negara di seluruh dunia.

Dalam pada itu, operasi pengawasan itu mungkin juga menimbulkan beberapa resiko terhadap Beijing. Sumber informasi telah mengindikasikan bahwa rejim Komunis China sedang berencana untuk menindas kegiatan demonstrasi dengan menolak permohonan visa dan meningkatkan kekuatan kepolisian. Bagaimanapun juga, ini bisa mendorong liputan berita negatif yang membuat Komite Olimpiade Internasional dan perusahaan-perusahaan sponsor gelisah.

Scott Kronick, Presiden Hubungan Publik Global Ogilvy (Ogilvy Public Relations Worldwide), China, menyatakan bahwa ketika dikonsultasikan oleh seorang pejabat Panitia Penyelenggara Olimpiade Beijing mengenai kemungkinan untuk menghadapi protes terhadap obor estafet, apa yang sebenarnya ada di benaknya adalah bagaimana pemerintah akan menghadapi demonstrasi itu.

Kronick menunjukkan, “Menurut saya setiap orang harus mengerti bahwa bahkan kelompok pemrotes akan melakukan hal ini. Apa yang harus anda khawatirkan adalah bagaimana anda dapat bereaksi terhadap hal itu dan bagaimana anda akan berekasi terhadap hal itu.” Di antara klien-klien Kronick salah satunya adalah Adidas.

Baik Kementrian Keamanan Publik, yang mengawasi Departemen Kepolisian China, maupun panitia penyelenggara Olimpiade Beijing menolak untuk memberikan komentar atas masalah ini, dan nomor telepon Kementrian Keamanan Publik, yang mana merupakan agen intelijen terkemuka di China, dan Kantor Informasi Dewan Negara juga dirahasiakan.

http://en.epochtimes.com/news/7-7-26/58071.htm

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: