SEPUTAR CHINA


Tekanan Internasional Memaksa Ketentuan Transplantasi

Posted in Uncategorized oleh Seputar China pada Juli 20, 2007

Oleh Wen Hua, The Epoch Times 9 Juli 2007

Erabaru.or.id – Pada 3 Juli 2007, tiga hari setelah Peraturan Transplantasi Organ Manusia diberlakukan, Kementerian Kesehatan China mengeluarkan Ketentuan Permohonan Transplantasi Organ dari Orang Asing. Ketentuan ini menekankan bahwa permohonan orang asing untuk transplantasi organ harus disetujui oleh Kementerian Kesehatan.

Isyarat ini, seperti yang dikomentari oleh para kritikus, adalah sebuah respon dari penguasa China terhadap tekanan yang meningkat dari luar negeri yang menuntut agar “Pesta Olahraga Olimpiade dan kejahatan terhadap kemanusiaan tidak boleh terjadi secara bersamaan di China.” Belum jelas apakah peraturan ini akan diterapkan lebih lanjut, seperti kata komentar tersebut.

Menurut Kantor Berita Xinhua, ketentuan itu menyatakan bahwa unit-unit medis dan para personilnya tidak boleh melakukan transplantasi organ untuk orang asing yang datang ke China sebagai wisatawan. Unit-unit medis, yang akan melakukan transplantasi organ untuk penduduk asing, harus melapor ke departemen kesehatan provinsi dan memperoleh persetujuan dari Kementerian Kesehatan.

Organ yang disumbangkan di China akan disediakan secara khusus untuk warganegara China juga untuk penduduk Hong Kong, Macau, dan Taiwan. Untuk para pasien dari ketiga tempat ini, unit-unit medis masih harus melapor kepada departemen kesehatan provinsi lebih dahulu sebelum pembedahan.

Ketentuan tersebut juga menyatakan bahwa unit-unit medis tidak boleh mengeluarkan iklan transplantasi organ dalam bentuk apapun selain yang dinyatakan di dalam Peraturan Periklanan Medis.

Respon Dangkal
Beberapa komentator menyatakan bahwa pengumuman yang dikeluarkan oleh Kementrian Kesehatan China adalah suatu respon yang dangkal dan pasif terhadap tekanan internasional. Sejak terungkapnya pengambilan organ, PKC telah mencoba menutupinya. Sebagai contoh, setelah pengungkapan peristiwa Sujiatun, PKC menunda penyelidikan selama tiga minggu dan menunggu sampai mereka menghilangkan dan menghancurkan semua bukti sebelum mengirimkan “undangan” untuk para penyelidik.

Penguasa China selalu menyangkal menggunakan organ dari para tahanan yang dieksekusi. Mereka hanya dengan pasif mengakui bahwa berbagai tingkat dari rumah sakit lokal telah menggunakan organ “yang disumbangkan” dari “sukarelawan” sebelum dieksekusi, yang mana hal ini tidak dapat menjelaskan puluhan ribu transplantasi organ telah dilakukan di China setiap tahunnya. Ini adalah alasan mereka untuk menyangkal dugaan-dugaan pengambilan organ dari para praktisi Falun Gong yang masih hidup.

Kini, para penyelidik telah memperoleh banyak materi dari tangan pertama. Sebagai contoh, para orang asing, yang sekarang tengah menerima perawatan pasca-transplantasi di negaranya masing-masing, telah mengungkapkan transplantasi yang mereka terima di China. Oleh karena itu PKC terpaksa secara diam-diam mengakui bahwa berbagai institusi medis lokal telah melakukan transplantasi untuk para tamu asing di masa lalu.

Para analis menyampaikan bahwa pengumuman dari Kementrian Kesehatan ini tidak hanya secara langsung membenarkan bahwa China telah menjadi pemasok organ besar-besaran dalam tahun-tahun belakangan ini dan karenanya telah menarik banyak orang asing untuk melakukan operasi transplantasi organ di China, tetapi juga memindahkan tanggung jawab kepada institusi medis lokal di berbagai tingkat, seakan-akan transplantasi ilegal ini tidak ada hubungannya dengan pemerintah China.

Para analis percaya bahwa paling tidak dari persfektif legal, sekarang tidak ada lagi celah hukum bagi para pembunuh untuk mengambil keuntungan, dan bahwa mereka tidak ada bedanya dengan Nazi dalam mengontrol kamp-kamp konsentrasi di masa lampau. Bagaimanapun juga orang harus menunggu dan melihat apakah China benar-benar dapat mengakhiri kejahatan pengambilan organ tersebut.

http://en.epochtimes.com/news/7-7-9/57439.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: