SEPUTAR CHINA


Obor Estafet Mengekspos ‘Olimpiade Berdarah’

Posted in OLIMPIADE oleh Seputar China pada Juli 20, 2007

Sebuah obor Olimpiade alternatif akan diarak berkeliling dunia untuk mengekspos pelanggaran HAM yang terjadi di China menjelang Pertandingan Olimpiade di Beijing tahun depan. Acara yang diberi nama “Obor Estafet HAM Global” ini akan dimulai pada 9 Agustus nanti di Athena dan melintasi lebih dari 10 negara di Eropa, sebelum berakhir di Asia.

“Jika China diijinkan menjadi tuan rumah Olimpiade yang akan datang tanpa terlebih dulu harus mengakhiri korupsi moral pelanggaran HAM, khususnya penganiayaan terhadap praktisi Falun Gong, hal ini akan menjadi tuntutan yang menyedihkan terhadap standard moral dunia secara keseluruhan,” jelas Mr. John Dee, salah satu penyelenggara estafet tersebut.

Estafet yang didukung oleh sejumlah atlet Olimpiade terdahulu, bertujuan untuk memaksa Komite Olimpiade Internasional supaya melihat dengan serius pada piagam Olimpiade yang dirumuskan mereka sendiri, dan untuk membatalkan Pesta Olahraga tersebut di bawah keadaan buruknya kondisi HAM di China seperti yang terjadi sekarang ini. Estafet itu merupakan salah satu inisiatif yang tengah diambil untuk menarik perhatian terhadap berbagai keadaan pelanggaran HAM yang dilakukan oleh PKC selama ini.

“Pertandingan Olimpiade senantiasa menjadi lambang standar moralitas tinggi yang dibangun untuk memperjuangkan keharmonisan kekuatan fisik dan kekuatan spiritual manusia,” kata Mārtiņš Rubenis, pemenang medali perunggu Olimpiade Musim Dingin Latvia. Sebagai seorang atlet, ia mengaku tidak bisa lega dan puas jika dirinya berhasil memenangkan pertandingan dan berdiri di podium, yang dibangun di atas jiwa ribuan rakyat.

Pada bulan Maret lalu, artis Mia Farrow mengumumkan suatu kampanye untuk menghentikan dukungan China terhadap rejim Sudan, dimana sejauh ini telah membunuh lebih dari 400.000 orang di Darfur. Ms Farrow mengatakan bahwa Beijing memiliki posisi unik yang dapat menghentikan pembantaian itu, namun sejauh ini telah menolak untuk melakukannya.

http://en.epochtimes.com/news/7-7-8/57418.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: