SEPUTAR CHINA


Menggugah Kesadaran Lewat Reli Obor HAM

Posted in OLIMPIADE oleh Seputar China pada Juli 17, 2007

 Obor Olimpiade adalah sebuah simbol dari Olimpiade, berbagai kelompok dari seluruh dunia telah meluncurkan Obor HAM Estafet bagi Hak Asasi Manusia, sebuah usaha untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia akan kondisi pelanggaran HAM yang terjadi di China.

RFA (Radio Free Asia) melaporkan pada 11 Juli 2007, Obor HAM Estafet telah dicanangkan oleh CIPFG (Koalisi Penyelidikan Penindasan Terhadap Falun Gong), dan  mendapat dukungan dari sejumlah organisasi HAM di dunia seperti negara-negara Eropa, Amerika Utara, Asia, termasuk Hongkong dan Taiwan. The Nationwide Alignment Against Violence, yang didirikan oleh Partai Pembebasan dan Demokrasi China, menyebutkan bahwa organisasi ini akan mengusahakan sepenuhnya  untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini guna meningkatkan kesadaran orang-orang akan kondisi pelanggaran HAM dan penindasan di China.

Presiden Partai Pembebasan dan Demokrasi China, Pan Qing, yang kini tinggal di Australia, menyebutkan bahwa mereka akan ambil bagian dalam kegiatan itu. ‘Alignment of Protecting Human Rights and Resisting Violence’ secara resmi mengekspreseikan posisinya, “Kami akan ambil bagian dalam Obor HAM Estafet sepanjang jalan, dan kami harap kegiatan ini dapat menarik perhatian setiap orang diseluruh dunia akan kondisi HAM di China.”

Yang Kaiwen, yang tinggal di Kanada, menyatakan bahwa sejak obor HAM estafet itu diluncurkan, banyak orang di China menyatakan dukungan mereka. “Pada mulanya, kami hanya ingin menyorot isu HAM di China melalui kegiatan di luar negeri. Namun kami sadar bahwa kegiatan ini telah membawa respons positif dari banyak orang di China, mereka ingin juga ambil bagian dalam Obor HAM estafet,” ujarnya.  Ms. Zhou dari Shanghai memberitahukan bahwa HAM seseorang di China tidak dapat dijamin.  Olimpiade akan menjadi tanpa arti dan bukanlah suatu kehormatan bagi orang-orang China. “Saya harap (obor HAM) dapat diestafetkan ke saya. Mari  bekerja keras agar banyak orang orang yang menginginkan HAM terwujud  dapat melihatnya,” tandasnya. 

Dari dalam negeri China, sekelompok petani yang tanahnya dirampas oleh pemerintah di Fujin, Prov. Heilongjiang, adalah yang pertama kali menyatakan sikapnya. Mereka menyatakan dirinya menginginkan HAM, bukan Olimpiade. Mereka menderita karena tanah mereka diambil tanpa ganti-rugi. Seorang petani, Mr. Li dari Fujin, mengatakan bahwa banyak petani menandatangani surat terbuka “Kami tak tertarik pada olimpiade. HAM kami telah dirampas, kami tak peduli lagi pada Olimpiade. Kami tak mau olimpiade, kami mau HAM”. 

Tang Boqiao, dari “China Peace” yang berpusat di NY, menyatakan bahwa bagi orang-orang China yang HAM-nya telah secara serius dilanggar, dapat dimengerti bahwa mereka hendak menekan para pejabat yang mengeruk keuntungan dalam Olimpiade. “Sebenarnya adalah suatu hal yang baik bahwa Olimpiade diadakan di China, namun masalahnya, rejim PKC telah berjanji pada organisasi-organisasi internasional dan IOC (Komite Olimpiade Internasional), untuk meningkatkan HAM. Telah 5–6 tahun berlalu sejak janji itu,  namun kondisi HAM tidak membaik di China, bahkan menjadi semakin buruk. Apabila para pejabat tidak berhenti menindas, maka warga dapat melindungi diri sendiri. Tidaklah salah untuk berharap dapat mengubah situasi, dalam cara yang damai, saya merasa cara ini patut dipuji.”

Lebih lanjut, Tang Boqiau mengungkapkan bahwa rejim PKC sangat gugup dan takut bila organisasi-organisasi internasional berinisiatif untuk memboikot Olimpiade Beijing. Saat ini, beberapa organisasi HAM termasuk Reporters Without Borders juga telah mulai bergabung dalam kegiatan sejenis. 

CIPFG, yang beranggotakan pengacara dan pekerja HAM dari berbagai negara, mengatakan bahwa titik star Obor HAM estafet akan dimulai dari Eropa, dan akan mengelilingi lima benua, melewati belasan negara, dan  setelah beberapa bulan akan berakhir di Asia. Rute dan jadwal Obor HAM akan diumumkan sebelum peluncuran resminya.  

http://minghui.ca/mh/articles/2007/7/13/158776.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: