SEPUTAR CHINA


Pabrik Olimpiade Rekrut Bocah

Posted in OLIMPIADE oleh Seputar China pada Juli 16, 2007

Sebuah perusahaan China yang membuat berbagai produk untuk Olimpiade Beijing, telah mengakui menggunakan buruh anak-anak, setelah sebelumnya membantah hal tersebut. 

Lekit Stationery mengatakan, anak-anak usia 12 hingga 13 tahun dipekerjakan oleh salah satu subkontraktornya, meski mereka tidak menangani produk-produk yang terkait dengan Olimpiade. Kabar ini beredar menyusul investigasi di kota Dongguan, tempat yang menjadi basis usaha Lekit.

Awal pekan ini, sebuah kelompok pegiat internasional menuduh perusahaan pembuat alat-alat tulis dan keperluan kantor di Selatan China tersebut mempekerjakan buruh anak-anak di bawah umur. Meski tuduhan seperti ini bukanlah hal yang baru di Cina, kasus ini agak berbeda. Perusahaan tersebut memiliki lisensi guna membuat produk bagi Olimpiade Beijing tahun depan.

 Manajer Lekit Michael Lee mengatakan kepada BBC bahwa salah satu subkontraktor bernama Leter Stationery mempekerjakan sejumlah anak-anak selama musim liburan sekolah musim dingin lalu. Setiap anak dibayar 20 yuan (sekitar Rp20 ribu) per hati. 

Semua membantah

Ketika BBC mengunjungi pabrik Lekit hari Minggu, manajer perusahaan tersebut dengan tegas membantah.  Dia mengatakan. terlalu besar resikonya mempekerjakan buruh anak-anak. Tetapi setelah adanya penyelidikan oleh pihak berwenang setempat, manajer yang sama sekarang mengeluarkan keterangan baru. Anak-anak tampaknya digunakan oleh salah satu perusahaan yang disewa oleh perusahaan tadi.

Publikasi seperti inilah yang tidak dikehendaki oleh pemerintah China menjelang Olimpiade, dan cepatnya pihak berwenang bertindak menunjukkan bahwa China ingin memperkecil dampak buruknya. Sekarang tampaknya seluruh perusahaan China yang membuat produk Olimpiade harus mematuhi peraturan yang ada.

http://www.bbc.co.uk/indonesian/news/story/2007/06/070613_chinakits.shtml

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: