SEPUTAR CHINA


Beijing Menyensor Laporan Bank Dunia

Posted in Lingkungan oleh Seputar China pada Juli 13, 2007

Oleh He San 

Laporan Bank Dunia mengenai polusi di China masih belum terselesaikan, Financial Times melaporkan bahwa pemerintah China menyensor naskahnya. Naskah yang dihilangkan adalah 750,000 kematian prematur dikarenakan oleh polusi adalah “terlalu sensitif dan bisa menyebabkan kerusuhan sosial.” Dimana pakar lingkungan China percaya kematian dan rasio kematian di suatu area dibandingkan dengan populasi di area itu bisa lebih tinggi berdasarkan definisi luas dari polusi.     

Naskah “Harga polusi di China: Perkiraan Ekonomis dari Kerusakan Fisik” yang diterbitkan dari hasil kerjasama antara kementerian China dengan Bank Dunia tersedia di situs Bank Dunia pada bulan Maret. Menurut Financial Times, laporan “hilangkan kalkulasi kematian prematur…menurut penasehat bank dan pejabat China.” Yang mana termasuk juga 750,000 orang yang meninggal prematur di China setiap tahunnya, terutama disebabkan oleh polusi udara di kota-kota besar.”  

Pakar lingkungan China Zhu Jiajin mengatakan: “Saya percaya dan tidak terlalu terkejut. Orang-orang tidak peduli akan hal itu karena tidak ada yang memperhatikannya lantaran mementingkan pembangunan.” Bulan lalu Zhu dan pakar lingkungan lainnya telah mengadakan sebuah aktifitas “untuk mempertahankan tanah air” dan “Xiamen melawan PX-Benzene.” Ini adalah salah satu kasus kemenangan yang jarang terjadi. Dia mengatakan bahwa “polusi udara Xiamen adalah minor, mempertimbangkan kota-kota besar lainnya yang juga mengalami badai pasir. 

Menurut Financial Times, “dihilangkan dari laporan ini adalah proyek penelitian yang menemukan tingkat polusi tinggi di kota-kota besar yang mengakibatkan kematian prematur 350,000-400,000 orang setiap tahunnya. Selain itu, 300,000 orang meninggal prematur setiap tahunnya diakibatkan oleh udara di dalam ruangan yang buruk” dan “informasi kematian itu dengan segan dihilangkan oleh Bank Dunia dari laporan yang dipublikasi.” Sebuah analisa menunjukkan bahwa meskipun pemerintah China mengemukakan Green Domestik Produk (Green GDP), masalah polusi di dalam laporan itu menyebabkan kepedulian diantara partisipan Olimpiade.

Presiden Komite Olimpiade Internasional Australia telah menyarankan partisipannya untuk menghindari kedatangan awal di Beijing. Sehingga menghindari resiko polusi.    Xia Yeliang dari Peking University of Economics mengatakan, “Polusi tidak selalu menyebabkan kematian langsung. Terkena polisi udara tidak menyebakan kematian dalam hitungan hari atau bulan. Prosesnya bisa dalam waktu beberapa tahun.” Dia juga menyebutkan bahwa ada kesulitan teknis tertentu dalam menghubungkan polusi langsung dengan kematian tahunan atau prematur.

Tetapi, jika hanya mempertimbangkan rasio kematian di suatu area dibandingkan dengan populasi di area itu, jumlahnya akan melebihi 750,000 orang dalam setahun. Xia juga menyebutkan bahwa data sudah ditunjukkan bagaimana polusi udara berkepanjangan bisa menyebabkan penurunan harapan hidup dan memperburuk kondisi kesehatan di area tertentu. “Contohnya, banyak orang berumur antara 50-60 tahun mengalami kematian mendadak karena penyebab yang tidak diketahui di kota-kota tertentu. Penelitian mengatakan polusi udara sebagai penyebab utama dari rata-rata tingkat kematian yang tinggi.” 

Xia menunjukkan bahwa mempertimbangkan proyeksi harapan hidup di kota-kota adalah 70 tahun, jumlah kematian mendadak yang besar antara umur 50-60 tahun di kota-kota tertentu adalah disebabkan oleh faktor eksternal. Polusi udara, sebagai akibat dari komposisi kimia di udara, adalah salah satu faktor penyebab utamanya.

(Sumber: Radio Free Asia, 6 Juli 2007)

  

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: