SEPUTAR CHINA


China Perketat Lagi Akses Internet

Posted in Pers oleh Seputar China pada Juni 27, 2007

Pensensoran terhadap internet

Radio Free Asia melaporkan bahwa semasa hari Buruh atau May day, sejumlah besar forum di internet ditutup dan ditertibkan, selain itu juga terjadi kemacetan tanpa sebab pada website science. Ada analis yang mengatakan, bahwa pemerintah China tengah  memperketat kembali kontrol terhadap jaringan internet.

Laporan terkait menyebutkan, bahwa pada 2005 silam, banyak muncul surat, mendukung perlindungan HAM di website science yang terkemuka yakni  “yannan.com” Universitas Beijing, sehingga ditutup, tapi setelah itu, nama websitenya diganti menjadi “tianyi.com”. Namun semasa libur panjang pada hari buruh atau May Day kembali tidak bisa di browsing, dan tidak ada pemberitahuan apa pun. Pemerhati website www.tianyi.com menyebar informasi terkait ke luar negeri. Saat diwawancarai RFA, penanggung jawab tianyi.com yakni Guo Qionghu menuturkan, bahwa alat servernya macet tanpa sebab dan tengah diperbaiki secepatnya.

Ada dugaan, terjadinya kemacetan pada tianyi.com tampaknya bukan kasus tersendiri, sebab sejumlah besar forum  internet di China, dimana semasa liburan May Day terjadi penutupan sementara atau pemberitahuan pembenahan.  Terbetik berita, bahwa yang ditutup dan dibenahi bukan hanya website yang bersifat politis, bahkan sejumlah BBS (kolom pemberitahuan electrik) kategori informasi sehari-hari dan forum resmi, termasuk forum kelompok media pers Shanghai, BBS Luoyang, Henan, forum teknologi dan ratusan forum di situs-net, semuanya mengalami penutupan.

Menurut laporan terkait, bahwa ada yang menerangkan (remark) “ditutup sementara” atas pemintaan pihak terkait, dan ada yang diberitahu websitenya ditutup dengan alasan alat server mengalami kerusakan atau sedang membenahi data.   Tokoh pembela HAM dari Hubei yakni Du Daowu menuturkan, setiap masa liburan pihak berwenang China selalu ekstra ketat menutup informasi di internet. Laporan menyebutkan, sejak akhir April 2007 lalu, sejumlah website di China mengalami penutupan sementara atau dalam batas waktu yang tidak ditentukan.Ada analis yang mengatakan, bahwa berbagai indikasi belakangan ini, terlebih penutupan secara besar-besaran terhadap forum di internet, merepresentasikan gelombang baru pengontrolan jaringan internet China.

(Sumber Secret China)

Iklan

Satu Tanggapan to 'China Perketat Lagi Akses Internet'

Subscribe to comments with RSS atau TrackBack to 'China Perketat Lagi Akses Internet'.

  1. Mr WordPress said,

    Hi, this is a comment.
    To delete a comment, just log in, and view the posts’ comments, there you will have the option to edit or delete them.


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: